Sempat Vakum, Maskapai TransNusa Kembali Mengudara

- Selasa, 4 Januari 2022 | 10:55 WIB
Maskapai TransNusa
Maskapai TransNusa

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -
Maskapai penerbangan domestik, TransNusa, siap untuk kembali mengudara di tahun ini, setelah vakum sejak September 2020 akibat pandemi COVID-19. Perusahaan akan menggunakan 30 pesawat ARJ21 buatan China, yakni Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC).

Dengan demikian, TransNusa sekaligus akan menjadi maskapai asing atau non-China pertama yang mengoperasikan model pesawat tersebut.

Baca Juga: Wow! Maskapai 18+ Ini Sediakan Layanan Bercinta di Pesawat, Tarifnya Rp14 Juta

Dilansir dari Aviacionline melalui Kumparan.com, Selasa (4/1), nantinya TransNusa akan menjadi maskapai berbiaya rendah. Saat ini, China Aircraft Leasing Group Holdings Limited (CALC) mengendalikan maskapai dengan 35,68 persen saham melalui Linkasia Airlines Group Limited (sebelumnya dikenal sebagai Aviation Synergy Limited).

Sementara persentase lainnya tetap dipegang oleh investor Indonesia.

Baca Juga: Intip Profil Pelita Air, Maskapai yang Digadangkan Gantikan Garuda Indonesia

Sejak disokong CALC, TransNusa memperbaiki struktur dan tata kelola perusahaan, restrukturisasi secara profesional, manajemen hingga tim operasional, serta meningkatkan standardisasi operasional secara komprehensif.

"CALC telah berkomitmen untuk pemenuhan maskapai, dengan 50 Airbus A320neo dan 30 ARJ21 dengan opsi untuk 30 lainnya," tulis Aviacionline.

TransNusa dijadwalkan akan menerima pesawat pertama tersebut pada Januari dan pesanan selanjutnya diharapkan selesai secara bertahap sebelum 2026.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

X