Kuasa Hukum Bahar bin Smith Bandingkan Pengusutan Kasus Kliennya dengan Denny Siregar

- Selasa, 4 Januari 2022 | 17:20 WIB
Bahar bin Smith
Bahar bin Smith


HARIANHALUAN.COM - Kuasa hukum Bahar bin Smith, Ichwan Tuankota mempertanyakan cepatnya proses hukum untuk kliennya dalam kasus ujaran kebencian hingga akhirnya ditahan.

Ia mengatakan Bahar ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian oleh Polda Jawa Barat, hanya sepekan dari Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) diterbitkan.

"SPDP Selasa pekan lalu, kemudian Kamis panggilan, sampai Senin kemarin penahanan. Artinya secepat kilat, dalam waktu tujuh hari beliau sudah ditahan," ujar Ichwan saat dihubungi, Selasa, 4 Januari 2022.

Baca Juga: Mendag: Stok Minyak Goreng Tetap Tersedia dengan Harga Terjangkau

Ichwan mengatakan, cepatnya proses penangkapan terhadap kliennya karena ada pihak yang merasa gerah dengan ceramah Bahar yang kerap mengkritik pemerintah. Ia menuding ada pihak yang memang sengaja ingin membungkam ceramah Bahar.

Ia pun membandingkan pengusutan kasus Bahar dengan kasus-kasus lain yang terlapornya dikenal sebagai buzzer di media sosial. "Dibandingkan perkara lainnya, Denny Siregar, Ade Armando, sudah dilaporkan, tetapi sampai hari ini masih menggantung. Artinya memang ada perlakuan yang tidak equal, tidak seimbang," kata Ichwan.

Baca Juga: Masih Ekspansif, PMI Manufaktur Indonesia Ungguli Thailand dan China

Sebelumnya, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat menetapkan Bahar Smith sebagai tersangka kasus penyebaran informasi bohong atau hoaks berdasarkan ceramahnya di Kabupaten Bandung.

Menurut Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat Komisaris Besar Arief Rachman, penyidik telah menemukan dua alat bukti yang sah dan mendukung penetapan Bahar bin Smith sebagai tersangka. "Dengan demikian penyidik telah dapat meningkatkan status hukum saudara BS dan saudara TR menjadi tersangka," kata Arief di Mapolda Jawa Barat, Kota Bandung, Senin malam, 3 Januari 2022.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: tempo.id

Tags

Terkini

X