Kasus Covid-19 Mulai Merangkak Naik Usai Nataru

- Kamis, 6 Januari 2022 | 23:16 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kasus terkonfirnasi positif Covid-19 mulai merangsek naik pasca liburan Natal dan tahun baru (nataru). Lonjakan kasus terlihat selama tiga hari terakhir ini.

Dikutip dari laman Satgas Covid-19, tambahan kasus harian pada hari ini, Kamis (6/1/2022) sebanyak 533 kasus. Sehari sebelum, Rabu (5/1/2022) 404 kasus dan Selasa (4/1/2022 sebanyak 299 kasus.

Baca Juga: Awas! Malware ini Bisa Mencuri Kata Sandi Lewat Fitur e-Signature Microsoft

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan di beberapa daerah data kenaikan kasus dikontribusikan oleh pencatatan kasus dari pelaku perjalanan luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Karena itu dia meminta seluruh pemerintah daerah mengantisipasi terhadap kemungkinan kenaikan kasus beberapa minggu ke depan akibat dampak nataru. Tujuannya mencegah penularan lokal dari orang positif apalagi yang terinfeksi varian Omicron.

Baca Juga: Segini Ukuran Feed Instagram yang Direkomendasikan untuk Konten

"Tentunya hal ini hanya dapat berhasil dengan peran serta masyarakat yang patuh menjalankan aturan karantina yang sudah ditetapkan," jelas Wiku.

Yang lebih penting lagi menurutnya, setiap daerah harus berupaya mencegah agar importasi kasus ini tidak lolos ke masyarakat. Serta melakukan langkah pengendalian apabila terjadi indikasi transmisi komunitas sedini mungkin. 

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

X