Dipicu Kepulangan PMI, Kasus Covid-19 Melonjak di Kepri

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 01:55 WIB
Ilustrasi.net
Ilustrasi.net

HARIANHALUAN.COM - Kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI),  menambah deretan kasus baru Covid-19 usai Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Kepulauan Riau (Kepri)

Baca Juga: Walikota Bekasi Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad Ansar membenarkan pernyataan BNPB terkait kasus baru Covid-19 di awal tahun 2022 yang memang terjadi di Kepri.

"Namun, yang tertular bukan masyarakat kita, melainkan para PMI yang pulang ke Tanah Air dan melalui jalur yang ada di Kepri, baik Batam, Tanjungpinang maupun Karimun," kata Gubernur Ansar, dilansir antaranews, Kamis (6/1/2022).

Berdasarkan data BPNB, kata dia, kasus Covid-19 di Kepri berawal dari dua kasus naik menjadi 93 kasus, kemudian bertambah lagi menjadi 140 kasus dan terakhir sampai 168 kasus.

Hal ini membuat kasus Covid-19 di Kepri menjadi tertinggi ke-2 di Indonesia, berada di bawah DKI Jakarta yang mencapai 526 kasus.

“Seharusnya hal seperti ini tidak terjadi lagi. Kita sudah minta Kementerian Kesehatan memisahkan antara data masyarakat Kepri dan PMI yang tertular Covid-19," ujarnya.

Ansar meyakini jika yang dibacakan BNPB merupakan kasus yang menimpa para PMI, dan bukan kasus yang menimpa masyarakat Kepri.

Menurutnya sejauh ini dari segi capaian vaksinasi, Kepri termasuk yang terbaik di Indonesia. Begitu juga dengan tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Antaranews.com

Tags

Terkini

X