Ramai Boneka Arwah, Psikolog: Ini Mengarah pada Perilaku tak Wajar

- Jumat, 7 Januari 2022 | 11:15 WIB
Merasa hobbinya kontroversi, Ivan Gunawan mengaku tidak lagi memelihara boneka arwah atau spirit doll (Tangkapan layar instagram@ivan_gunawan)
Merasa hobbinya kontroversi, Ivan Gunawan mengaku tidak lagi memelihara boneka arwah atau spirit doll (Tangkapan layar instagram@ivan_gunawan)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tren spirit doll atau boneka arwah sedang viral di masyarakat. Boneka yang merupakan benda mati, dianggap seperti makhluk hidup bagi sebagian orang.

Beberapa orang tersebut bahkan tidak segan untuk merawat boneka arwah layaknya seorang bayi.

Baca Juga: Trend Boneka Arwah, Ini Sederet Artis yang Mengadopsinya

Menanggapinya, psikolog dan dosen Unair Prof. Dr. Nurul Hartini, S.Psi., M.Kes., melihat fenomena tersebut sebagai hal yang perlu menjadi perhatian. Menurutnya tindakan tersebut telah mengarah kepada perilaku yang tidak wajar.

“Ketika seseorang menganggap boneka hidup dan percaya bahwa mereka akan bertumbuh besar, maka hal itu telah keluar dari batas akal sehat. Perilaku tersebut menjadi keanehan tersendiri yang disebabkan oleh berbagai faktor,” tuturnya, dilansir dari laman Unair melalui Kumparan.com, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga: Viral Boneka Arwah Diasuh Artis, MUI: Termasuk Tindakan Musyrik

Salah satu faktor yang mungkin ada yakni mengikuti tren di kalangan selebritis.
“Bisa jadi mereka hanya mencari sensasi agar popularitasnya naik,” sambung Nurul.

Meskipun demikian, segala sesuatu tetap ada batasnya agar tidak merugikan kesehatan mental.

“Karena apabila perilaku tersebut dibiarkan terjadi secara terus-menerus, maka akan berdampak terhadap kondisi kesehatan mental," terang dia.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

X