Indonesia Tutup Pintu Masuk WNA, Ada Pengecualian untuk Kriteria Ini

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 14:15 WIB
Aturan Lengkap dalam Menangani Varian Omicron yang Melarang WNA 14 Negara Masuk Ke Indonesia (Prfmnews)
Aturan Lengkap dalam Menangani Varian Omicron yang Melarang WNA 14 Negara Masuk Ke Indonesia (Prfmnews)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah terus menggalakkan vaksinasi sebagai salah satu upaya proteksi kesehatan publik terhadap virus COVID-19. Bersamaan dengan vaksinasi pada berbagai kelompok usia yang tetap berjalan, pemerintah merencanakan segera memulai pemberian vaksinasi penguat atau booster.

Diharapkan, kekebalan komunal atau herd immunity akan segera tercapai sehingga masyarakat lebih terlindungi, terutama sebagai antisipasi varian mutasi baru Omicron.

Baca Juga: Keadaan Darurat, WNI dan WNA Bisa Ajukan Dispensasi Karantina Mandiri

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengatakan, meski saat ini cakupan vaksinasi Indonesia terbilang tinggi, namun target masih harus dikejar.

“Diharapkan pada Maret atau April nanti, target sasaran vaksinasi 208,2 juta penduduk akan terselesaikan,” tutur Johnny dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Berikut Daftar Hotel Karantina di Jakarta untuk WNA dan WNI dari Luar Negeri

Per 6 Januari 2021, sebanyak sekitar 80% sasaran vaksinasi telah mendapatkan suntikan dosis pertama dan lebih dari 55% telah mendapatkan vaksinasi lengkap 2 dosis. Saat ini vaksinasi untuk anak 6-11 tahun yang dimulai sejak medio Desember lalu, tengah berjalan. Berdampingan dengan upaya perluasan vaksinasi ke seluruh Indonesia, pemerintah juga merencanakan pemberian vaksin booster mulai 12 Januari mendatang.

“Ini adalah kerja besar melibatkan perjuangan dan dukungan berbagai pihak dari pusat hingga daerah, termasuk para pembuat opini publik seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, kalangan akademisi. Yang terpenting, peran aktif masyarakat. Kita sudah sampai sejauh ini, harus tetap dipertahankan,” ujar Menkominfo.

Hasil kerja keras dalam vaksinasi COVID-19 tersebut juga telah menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan cakupan vaksinasi terbanyak di dunia, mengikuti China, India, dan Amerika Serikat, setelah berhasil mencatatkan cakupan vaksinasi sebanyak 166,67 juta sasaran.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X