109 Jamaah Umrah Batal Berangkat, Kemenag: Agen Travel tak Kooperatif

- Minggu, 9 Januari 2022 | 07:45 WIB
Ilustrasi, jemaah umrah Indonesia mulai diberangkatkan ke Tanah Suci Sabtu, 8 Januari 2022. (Saudi Press Agency/Moh Badar Risqullah)
Ilustrasi, jemaah umrah Indonesia mulai diberangkatkan ke Tanah Suci Sabtu, 8 Januari 2022. (Saudi Press Agency/Moh Badar Risqullah)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Penyelenggaraan Umrah dan Haji mulai melepas jemaah umrah berangkat ke Arab Saudi. Ini merupakan pemberangkatan perdana setelah hampir dua tahun tertunda akibat situasi pandemi COVID-19.

Untuk kloter pertama, Kemenag mencatat 419 jemaah umrah yang berangkat. Sedangkan untuk keberangkatan kedua, dikabarkan ada 109 jemaah haji.

Baca Juga: 419 Jamaah Umrah Indonesia Diberangkatkan ke Arab Saudi

Namun, para jemaah dalam kloter kedua itu dikabarkan batal berangkat karena persoalan kelengkapan dokumen.

Berdasarkan informasi yang diterima kumparan, para jemaah umrah itu diduga ditolak dokumennya oleh pihak Arab Saudi terkait hasil PCR dan vaksin yang telah diterima para jemaah tersebut.
Ditolaknya hasil PCR dan booster 109 jemaah itu baru diketahui saat mereka sudah memasukkan bagasi dan hendak take off.

Baca Juga: Tok! Ongkos Umrah Jadi Rp28 Juta, Belum Termasuk PCR dan Karantina

Rombongan tersebut semestinya berangkat pukul 18.20 WIB. Informasi yang diterima, para jemaah itu sudah dibawa ke hotel.

Terkait batal berangkatnya 109 jemaah umrah tersebut, Dirjen Penyelenggaraan Umrah dan Haji Kemenag Hilman Latief menyampaikan pihaknya masih mempelajari persoalan tersebut.

"Masih kita pelajari. Tim saya masih di bandara," kata Hilman dikutip dari Kumparan.com, Minggu (9/1).

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

X