Syarat Naik Kapal Laut Wajib PCR dan Rapid Test

- Senin, 8 Juni 2020 | 14:14 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Pelni (Persero) menerapkan syarat hasil negatif pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) dan rapid test dari Dinas Kesehatan, rumah sakit, puskesmas, atau klinik kesehatan bagi penumpang mereka. Syarat ini serupa dengan yang berlaku untuk penumpang maskapai dan kereta.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro mengatakan ketentuan ini juga berlaku bagi Anak Buah Kapal (ABK) yang bertugas saat pelayaran. Syarat ini sesuai dengan protokol kesehatan nasional dari pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Penumpang harus menunjukkan hasil negatif periode maksimal tujuh hari sebelum keberangkatan. Kami juga lakukan rapid test kepada ABK maupun mitra yang akan bertugas di atas kapal," ungkap Yahya seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (8/6).

Syarat lain, sambungnya, juga berlaku sesuai ketentuan protokol kesehatan nasional. Misalnya, menunjukkan surat tugas bagi PNS, TNI, dan Anggota Kepolisian dari minimal pejabat Eselon II.

Begitu pula bagi pegawai BUMN, BUMD, dan karyawan swasta. Mereka juga perlu menunjukkan surat tugas.

Selain itu, mereka juga harus menunjukkan identitas diri, melaporkan rencana perjalanan, dan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Tak hanya itu, penumpang juga wajib menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk ke area penjualan tiket, dan memeriksa suhu.

Kendati begitu, Pelni tetap membuka area loket tiket untuk penjualan di tempat. Hanya saja, penjualan dilakukan dengan protokol ketat antara lain, hanya diperbolehkan untuk penumpang dengan syarat sesuai aturan Gugus Tugas.

"Pembayaran tiket diutamakan dengan cashless, pelabuhan naik dan turun sudah dinyatakan dibuka, dan mengacu pada physical distancing, nomor seat ganjil saja atau genap saja," terangnya.

Sementara untuk pelabuhan, ia mengatakan belum seluruhnya beroperasi. Hal ini mengikuti ketentuan masing-masing daerah operasi pelabuhan.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Satgas Sebut Pandemi Covid-19 di Indonesia Terkendali

Selasa, 21 September 2021 | 18:55 WIB

Mulyanto Sambut Baik Indonesia Go Nuclear

Selasa, 21 September 2021 | 14:55 WIB

Mulai November, 44 Ponsel Ini Diblokir WhatsApp

Selasa, 21 September 2021 | 09:15 WIB
X