Sudah Menyebar di 150 Negara, Luhut: Virus Omicron Menginfeksi Lebih Tinggi dari Delta

- Senin, 10 Januari 2022 | 20:45 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (BPMI Setpres)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (BPMI Setpres)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan virus Covid-19 varian Omicron telah menyebar di 150 negara di Dunia.

Menurut Menko Luhut, virus Omicron menginfeksi negara maju lebih tinggi dari pada virus Covid-19 varian sebelumnya, yaitu varian Delta.

Baca Juga: Luhut: Pandemi Covid-19 Indonesia Masih Terkendali, Jangan Panik Ada Varian Omicron

“Hari ini, Omicron sudah menyebar di 150 negara di Dunia sebagian besar menginfeksi negara maju hingga mencapai puncaknya dan lebih tinggi dari pada varian sebelumnya yaitu delta,” Kata Menko Kuhut Binsar dalam evaluasi PPKM, dikutip dari iNews.id, Senin (10/1/2022).

Dia menjelaskan, varian baru Covid-19 ini, telah meningkatkan kebutuhan peralatan medis dan rumah sakit terutama di Amerika, Australia, Inggris dan Eropa.

Baca Juga: Diyakini Tak Terlibat, Menko Luhut dan Erick Thohir Diharapkan Tak Terpengaruh Isu PCR

Di Indonesia, lanjutnya, peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron mayoritas disebabkan oleh para pelaku perjalanan luar negeri. Presiden pun secara spesifik sudah meminta masyarakat untuk menahan diri melakukan perjalanan ke luar negeri.

Menko Luhut mengungkapkan, kasus Pelaku perjalanan luar negeri menjadi catatan dan mendominasi kasus harian Covid-19 di Indonesia sehingga mendominasi kasus harian.

“Kami himbau untuk tidak ke luar negeri terlebih dulu , dan peningkatan pasien Jawa-bali, hampir 393 kasus hampir 300 nya pelaku perjalanan dari luar negeri,” tutur Menko Luhut. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Terkini

X