Ribuan Massa Buruh PT KSI Mogok Kerja di Solok Selatan, Aktivitas Perusahaan Lumpuh!

- Selasa, 11 Januari 2022 | 12:07 WIB
Buruh PT KSI Solok Selatan mogok kerja
Buruh PT KSI Solok Selatan mogok kerja

 

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Ribuan buruh melakukan aksi damai dengan melakukan mogok kerja di perusahaan PT Kencana Sawit Indonesia (KSI) Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Diduga Limbah Pabrik! Air Menghitam, Ekosistem Sungai Jujuhan Dharmasraya Terancam

"Seluruh buruh di PT KSI yang berjumlah sekitar 1.700 orang melakukan aksi mogok kerja terkait adanya kesepakatan yang belum dicapai sesuai tata tertib Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dalam hal tunjangan pensiun pekerja atau pesangon," kata Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT KSI Solsel pada Harianhaluan.com Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Telusuri Sebab Sungai Jujuhan Hitam, Dinas Perkim LH Solsel: Jika Disengaja Ada Hukuman Pidana

Bustami menyatakan aksi mogok kerja secara damai itu mulai dilakukan pukul 08.00 WIB - 12.00 WIB namun dikarenakan cuaca yang kurang baik sehingga aksi dibubarkan sementara waktu dan bakal dilanjutkan sampai tuntutan buruh diterima pihak manajemen perusahaan.

"Kami bakal lanjutkan aksi mogok kerja ini sampai ada win-win solution antara buruh dengan pihak perusahaan. Namun, sampai sekarang manajemen PT KSI belum ada yang ingin melakukan dialog ataupun menerima aspirasi buruh yang ingin bertemu pihak perusahaan," ujarnya.

Baca Juga: Sungai Jujuhan Dharmasraya Menghitam, Begini Kata Dinas Lingkungan Hidup

Dia menyatakan, sampai saat ini aktivitas pekerjaan lumpuh di PT KSI dan pihak buruh bakal melakukan aksi sampai ada solusi terbaik antara kedua belah pihak.  

"Sampai sekarang tidak ada kata sepakat, simpel saja permintaan kami apa yang sudah disepakati dalam tata tertib PKB, itu yang dilaksanakan, tapi deadlock. Artinya, perusahaan menzolimi buruh," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X