Luhut Bertemu dengan Mendag Jepang, Apa Saja yang Dibahas?

- Rabu, 12 Januari 2022 | 08:55 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) Jepang Hagiuda Kochi di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Selasa (11/01/2022).

Lantas, apa sajakah yang dibahas dalam pertemuan dua menteri ini? Apakah Jepang juga menyinggung soal kebijakan pelarangan ekspor batu bara RI? Seperti diketahui, pada pekan lalu Kedutaan Besar Jepang mengirimkan surat protes kepada pemerintah Indonesia dan meminta agar keran ekspor dibuka kembali.

Baca Juga: Sudah Menyebar di 150 Negara, Luhut: Virus Omicron Menginfeksi Lebih Tinggi dari Delta

Namun sayangnya, tidak disebutkan bahwa keduanya spesifik membahas isu pelarangan ekspor batu bara RI, melainkan hanya disebut sekilas saat sambutan dari Mendag Jepang.

Berdasarkan keterangan resmi Kemenko Marves, Selasa (11/01/2022), pertemuan pejabat kedua negara sahabat itu "hanya" membahas tentang potensi kerja sama di bidang energi hijau, perikanan, lingkungan, dan industri petrokimia.

Baca Juga: Gabung di Kantor Luhut, Apa Jabatan Mantan CEO Bukalapak?

"Indonesia dalam tujuh tahun ini banyak yang berubah, pembangunan hampir merata di Indonesia bagian barat dan timur," ungkap Menko Luhut pada awal paparannya, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (12/01/2022).

Selain itu,Luhut juga menjelaskan tentang pembangunan industri hilir sebagai arah investasi di Indonesia saat ini. Salah satu yang digadang-gadangkan Luhut yaitu terkait fokus RI untuk mengembangkan industri hilir nikel sampai ke pabrik stainless steel hingga baterai lithium untuk kendaraan listrik.

"Saat ini industri hilir untuk nikel lebih berfokus untuk pengembangan stainless steel yang merupakan komponen pembuatan baterai lithium," katanya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

X