SE Terbaru Satgas Covid-19, Masuk Indonesia Tujuan Wisata Bisa Langsung ke Bali

- Kamis, 13 Januari 2022 | 15:15 WIB
Ilustrasi tempat wisata Bali
Ilustrasi tempat wisata Bali

DENPASAR, HARIANHALUAN.COM - Satgas COVID-19 kembali mengeluarkan Surat Edaran mengenai Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di Masa Pandemi. Pada bagian F poin 15 SE Nomor 2 tahun 2022 itu disebutkan, PPLN baik WNA maupun WNI dengan tujuan berwisata dapat memasuki wilayah Indonesia salah-satunya melalui bandara di Bali.

Dikonfirmasi mengenai hal itu, Humas Bandara Ngurah Rai Taufan Yudhistira mengaku telah memperoleh SE tersebut.

Baca Juga: Satgas Covid-19: Masyarakat Tunda ke Luar Negeri, Omicron Transmisi Komunitas Ditemukan

“Kami tidak melakukan persiapan khusus terkait SE itu. Persiapan sudah kami lakukan sejak jauh hari,” katanya, dikutip dari Kumparan.com, Kamis (13/1/2022).

Menurut dia, sebagai bandara internasional, Bandara Ngurah Rai fasilitas maupun pendukungnya sudah sangat siap seandainya ada penerbangan internasional yang mendarat. Demikian juga dengan sisi protokol kesehatannya, baik untuk WNA maupun WNI.

Baca Juga: Satgas Covid-19: Perlu Kejujuran Pengelola Tempat Hiburan Tegakkan Prokes

Adapun dalam SE tertanggal 12 Januari 2022 itu juga disebutkan, syarat PPLN yang masuk lewat Bali harus menunjukkan kartu atau sertifikat vaksinasi dan hasil negatif tes PCR. Selain itu harus melampirkan visa kunjungan singkat atau izin masuk lainnya sesuai peraturan perundangan lainnya.

Selain itu, harus menunjukkan asuransi kesehatan minimal USD 100.000 yang mencakup pembiayaan penanganan COVID-19 dan bukti konfirmasi pemesanan dan pembayaran (booking) tempat akomodasi dan penyedia akomodasi selama menetap di Indonesia.

Sementara mengenai kesiapan karantina, Sekretaris Satgas COVID-19 Bali, Made Rentin, menyatakan, berbagai persiapan telah dilakukan termasuk dengan peninjauan oleh BNPB ke sejumlah hotel.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

Pengumuman! Pemerintah Segera Hapus PPKM

Senin, 23 Mei 2022 | 11:11 WIB
X