Ditargetkan Rampung April 2022, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Libatkan Ahli Konstruksi Tiongkok

- Jumat, 14 Januari 2022 | 13:30 WIB
Proyek kereta cepat PT KAI. (dok. PT KAI)
Proyek kereta cepat PT KAI. (dok. PT KAI)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Maeves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pengerjaan megaproyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditargetkan kelar pada akhir April 2022.

“KCJB mendatangkan orang-orang hebat, yaitu para ahli di bidang konstruksi dari perguruan tinggi ternama di Indonesia, di mana mereka nanti akan dibantu oleh 17 ahli grouting dari Tiongkok, sehingga pekerjaan ini ditargetkan bisa rampung pada akhir April 2022,” kata dia, dikutip iNews.id, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Brak! Tiang Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ambruk Timpa 2 Ekskavator

Luhut juga meminta progres pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dilakukan secara hati-hati. Ini menyusul tantangan geografis yang cukup tinggi, khususnya terkait terowongan (tunnel).

“Kondisi tunnel sudah semakin baik, tadi sudah mulai dikerjakan terus ke dalam karena di atas sudah di-grouting (sementasi) dengan bahan beton, dan menurut ahli-ahli ini akan mengurangi goyangan,” ujarnya.

Baca Juga: Polisi Obok-obok PT Wika Soal Pencurian Besi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, tunnel 2 mengalami kendala dari faktor geologi, sehingga membutuhkan penanganan khusus.

“Tunnel 2 ini terkendala masalah geologi karena tanahnya seperti lumpur atau clay shale, begitu digali longsor lagi, digali longsor lagi. Jadi butuh penanganan khusus,” ucap Dwiyana.

Kendati demikian, menurutnya, sudah ada penanganan yang dilakukan, yaitu dengan surface grouting yang saat ini sudah dalam tahap penyelesaian. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Terkini

Pengumuman! Pemerintah Segera Hapus PPKM

Senin, 23 Mei 2022 | 11:11 WIB
X