Fenomena Alam, Suhu di Dataran Tinggi Dieng Turun Jadi 0 Derajat

Administrator
- Jumat, 24 Juli 2020 | 09:55 WIB

BANJARNEGARA, HARIANHALUAN.COM - Suhu udara di dataran tinggi Dieng kembali turun hingga 0 derajat celsius. Kondisi ini membuat embun di sekitar komplek Candi Arjuna membeku.

Meski demikian, embun es yang menempel di rumput dan daun hari ini lebih tipis dan tidak luas. Padahal, jika pada puncaknya, embun es ini bisa sampai ke pemukiman dan lahan kentang milik warga.

"Sekarang ini lebih tipis dan belum sampai ke lahan pertanian warga. Jadi lahan kentang milik warga masih aman tidak layu karena munculnya embun es," kata salah seorang warga Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur, Banjarnegara Hasta Priyandono. 

Ia sempat mengukur suhu udara di komplek Candi Arjuna pagi ini dengan menggunakan thermometer. kemudian Hasta mengabadikan fenomena embun es di sekitar komplek Candi Arjuna.

"Saya cek tadi pagi, suhu udara 0 derajat. Dan embun di sekitar komplek candi Arjuna membeku menjadi es," kata Hasta seperti dilansir detikcom, Jumat (24/7/2020).

Fenomena embun es ini kerap muncul di dataran tinggi Dieng pada musim kemarau. Tahun lalu misalnya, suhu udara bisa turun hingga minus 9 derajat celsius. (*)

Editor: Administrator

Terkini

X