MUI Sulsel Haramkan Penjualan Mystery Box di Marketplece

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:15 WIB
MUI Sulsel Haramkan Penjualan Mystery Box di Marketplece
MUI Sulsel Haramkan Penjualan Mystery Box di Marketplece

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan mengharamkan penjualan online mystery box di marketplece karena banyak masyarakat yang merasa dirugikan.

Hal tersebut tertuang dalam Fatwa MUI Sulsel mengeluarkan Fatwa No 1 Tahun 2022, Kamis (13/1/2022). Fatwa dibacakan Sekertaris Umum MUI Sulsel DR KH Muammar Bakri di Sekertariat MUI Sulsel.

Mystery box adalah cara penjualan secara online di marketplece dengan metode pembeli mengirim sejumlah uang untuk membeli barang yang isinya tidak diketahui secara pasti oleh pembeli karena isi dalam box tersebut dirahasiakan.

Baca Juga: Usai dilantik Menjadi Ketua KORMI, ini Harapan Ketua DPRD Pariyanto

Dikutip dari laman MUI, Sabtu (15/1/2022), MUI Sulsel menyebutkan bahwa dalam transaksi mistery box banyak masyarakat yang merasa dirugikan karena barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan uang yang dikirimkan. Masyarakat juga merasa tertipu dengan box yang berisi barang rusak.

"Dalam Islam, akad jual beli hukumnya boleh selama syarat dan rukunnya terpenuhi, dan tidak ada unsur-unsur yang tidak diperbolehkan oleh syariat," jelasnya.

Disebutkan, salah satu praktek jual beli yang dilarang adalah akad jual beli yang mengandung ketidakjelasan maupun spekulasi. Akad jual beli semacam ini disebut dengan jual beli ‘garar’ ( penipuan).

Baca Juga: Jelang Aston Villa vs Manchester United: Menanti Debut Philippe Coutinho Bersama The Villa

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Indonesia Kembali Terima Donasi Vaksin dari Covax

Minggu, 23 Januari 2022 | 14:30 WIB

RI Catatkan 2 Kasus Meninggal Akibat Omicron

Sabtu, 22 Januari 2022 | 22:07 WIB
X