Begini Cara Sri Mulyani Pajaki Ghozali Everyday

- Minggu, 16 Januari 2022 | 16:55 WIB
Pajaki Ghozali Everyday.  ((Foto: Okezone.com/Twitter))
Pajaki Ghozali Everyday. ((Foto: Okezone.com/Twitter))


HARIANHALUAN.COM - Ghozali menjadi viral karena sukses meraup miliaran Rupiah berkat bisnis Non-Fungible Token (NFT) yang dijalankannya. Ghozali yang di media sosial dikenal Ghozali Everyday memilih untuk mengunggah foto selfie-nya sebagai produk NFT di OpenSea. Tak disangka, ternyata foto selfie tersebut mendapat banyak peminat, hingga ada yang laku terjual hingga puluhan juta Rupiah.

Lantas, apakah NFT termasuk bisa dipajaki?

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Kementerian Keuangan Neilmaldrin Noor menjelaskan, sampai dengan saat ini, transaksi NFT maupun kripto masih dalam pembahasan pemerintah.

Baca Juga: Benarkah? Pria Ini Mengaku Ukuran Alat Vitalnya Mengecil Gara-gara Virus Corona

"Pemerintah belum mengenakan pajak secara khusus terhadap transaksi digital tersebut. Namun, ketentuan umum aturan perpajakan tetap dapat digunakan," kata Neil di Jakarta, Minggu (16/1/2022).

Sebagaimana disebutkan dalam UU PPh, setiap tambahan kemampuan ekonomis dikenakan pajak. Hal itu termasuk transaksi yang sedang kita bahas ini, maka tetap dikenakan pajak dengan sistem self assessment.

Baca Juga: Berikut Rekomendasi Mobil Kecil yang Harganya Murah Meriah

"Aset NFT maupun aset digital lainnya wajib dilaporkan di SPT Tahunan dengan menggunakan nilai pasar tanggal 31 Desember pada tahun pajak tersebut. Demikian Terima kasih atas bantuannya dalam menjelaskan kepada masyarakat," tandasnya. (*)

 

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: okezonenews.com

Tags

Terkini

Telkom Akan RUPST Tanggal 27 Mei 2022

Kamis, 19 Mei 2022 | 10:59 WIB
X