Omicron Menyebar, Pemerintah Perketat Aturan Keluar Masuk Jakarta

- Senin, 17 Januari 2022 | 11:55 WIB
Petugas gabungan saat melakukan pengetatan pengamanan Natal dan tahun baru dengan sasaran kendaraan pendatang.  (Foto: Wahyu Imam Ibadi   )
Petugas gabungan saat melakukan pengetatan pengamanan Natal dan tahun baru dengan sasaran kendaraan pendatang. (Foto: Wahyu Imam Ibadi )

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Covid-19 varian Omicron telah menyebar di Indonesia melalui transmisi lokal. Jakarta menjadi daerah dengan kasus tertinggi Omicron di Indonesia saat ini.

Pemerintah pun memprediksi puncak penyebaran varian Omicron terjadi pada akhir Februari atau awal Maret 2022. Oleh sebab itu, pemerintah akan melakukan pengetatan dan pemantauan masyarakat keluar dan masuk Jakarta untuk mencegah penyebaran ke luar ibu kota.

Baca Juga: Omicron Terus Bertambah, IDI Sarankan Pemerintah Tingkatkan Level PPKM

“Dari hasil rapat yang dipimpin Presiden dan juga Wakil Presiden memberi arahan bagaimana agar diperketat orang keluar Jakarta,” tutur Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi usai mendampingi Wapres dalam Rapat Terbatas tentang Evaluasi PPKM melalui konferensi video dikutip dari iNews.id, Senin (17/1/2022).

Lebih lanjut Masduki menyampaikan, selain memperketat mobilisasi, upaya lain dari sisi kesehatan pun juga akan lebih ditingkatkan.

Baca Juga: Positif Covid-19 Sepulang dari Turki, Thariq Halilintar: Kemungkinan Ini Omicron

“Memperketat itu dengan cara-cara vaksinasi dan harus memakai masker. Jadi pendisiplinan ulang terhadap kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pihak luar dan jangan keluar rumah kalau tidak penting,” ucap Masduki.

Secara garis besar, pemerintah menginginkan daerah aglomerasi harus diperketat. Dan itu akan diiringi dengan vaksinasi yang makin diperbanyak terutama di daerah-daerah Jabodetabek seperti Bogor, Bekasi, dan Banten.

Terkait karantina para pelaku perjalanan luar negeri, Masduki mengungkapkan di dalam rapat, Wapres menyampaikan agar dilakukan telaah ulang terhadap sistem dan masa karantina sehingga rantai penyebaran dapat ditekan lajunya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Telkom Akan RUPST Tanggal 27 Mei 2022

Kamis, 19 Mei 2022 | 10:59 WIB
X