Duh! Bulan Ini Lebih dari 1 Juta Vaksin Hampir Kadaluarsa

- Selasa, 18 Januari 2022 | 18:55 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, pada Senin, 3 Januari 2022, usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, pada Senin, 3 Januari 2022, usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia ternyata memiliki stok vaksin Covid-19 berlebih, sayangnya sebagian pasokan vaksin yang tersedia sudah akan hampir kadaluarsa.

Bulan Januari 2022 ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut kurang lebih akan ada 1 juta vaksin Covid-19 yang mendekati expire date atau tanggal kadaluarsanya.

Baca Juga: 5 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Tanah Air

“Di Januari ini mungkin akan ada lebih dari 1 juta (vaksin) yang akan expire date sampai akhir,” tutur Menkes Budi dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, dikutip dari kanal Youtube Komisi IX DPR RI melalui Okezone.com, Selasa (18/1/2022).

Agar tak terbuang percuma, saat ini persediaan vaksin yang dekat expire datenya diprioritaskan untuk digunakan terlebih dahulu. Contohnya untuk program vaksinasi booster, yang sudah dimulai sejak 12 Januari lalu.

Baca Juga: Cek di Sini! Anda Sudah Dapat 'Tiket' Vaksin Booster atau Belum?

“Itu sudah kita identifikasi, itu yang kita dorong. Itu juga kenapa vaksin booster yang kita dorong supaya bisa menghabiskan vaksin yang expiry ini,” lanjut Menkes Budi.

Dari catatan Kementerian Kesehatan RI, Menkes Budi mengungkapkan stok vaksin Covid-19 yang hampir kadaluarsa tersebut paling banyak berada di Provinsi Jawa.

Mengingat memang di Provinsi inilah, stok persediaan vaksin Covid-19 paling banyak jumlahnya dibandingkan daerah Data teranyar Kemenkes RI, sampai saat ini Indonesia memiliki sekitar 450 juta stok vaksin Covid-19 yang direncanakan akan bersisa hanya 150 juta vaksin karena ditargetkan sebanyak total 300 juta akan disuntikkan dalam pekan ini.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Telkom Akan RUPST Tanggal 27 Mei 2022

Kamis, 19 Mei 2022 | 10:59 WIB
X