Biaya Pengurusan Pas Kecil di Kantor KSOP Mencekik Nelayan

- Rabu, 19 Januari 2022 | 05:50 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Para nelayan menjeritkan besarnya dalam pengurusan pas ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Hal itu karena harus melalui jasa agen kapal.

Baca Juga: Polairud Karimun Temukan 7 Pekerja akan Diselundupkan ke Malaysia

Permasalahan itu dilaporkan  Ketua Umum  DPC HNSI Bintan H. Baini saat audiensi Pemkab Bintan dengan Jajaran Pengurus DPC HNSIdi Ruang Rapat Bapelitbang Bintan, Selasa (18/1/2022).

Dia mengatakan,  hal itu terjadi akibat peralihan kewenangan izin penerbitan pas kecil untuk kapal 1 - 7 GT dari Dinas Perhubungan ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

 Menurutnya, surat pas kecil tersebut menjadi sangat penting bagi nelayan, karena tanpa dokumen tersebut, nelayan kesulitan untuk mendapatkan solar subsidi di Agen Premium Minyak Solar (APMS).

 "Kita harapkan pemerintah bisa membantu nelayan dalam fasilitasi pengurusan pas kecil ini. Karena jika melalui jasa agen kapal, maka biaya yang ditimbulkan menjadi besar bagi nelayan," ujarnya, seperti dukutip dari haluankepri.com.

Baca Juga: Lanjutkan Perjuangan Almarhumah Hj Mukhniarti Basko, Vianda Wirya Utami Gabung ke Demokrat

Menanggapi hal tersebut, Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menuturkan akan segera berkoordinasi dengan sektor terkait lainnya dalam membantu persoalan para nelayan Bintan.

"Kita akan audiensi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan jajaran terkait lainnya mencarikan solusi masalah ini," jelasnya.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluankepri.com

Tags

Terkini

Pengumuman! Pemerintah Segera Hapus PPKM

Senin, 23 Mei 2022 | 11:11 WIB
X