Bagian Depan Uang Rp 75.000 Bergambar Jembatan Youtefa, Masyarakat Papua Bangga

- Selasa, 18 Agustus 2020 | 16:52 WIB

JAYAPURA, HARIANHALUAN.COM - Tepat pada hari Senin (17/8/2020), Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan pecahan Rp 75.000 yang merupakan edisi khusus HUT ke-75 RI. Bagi masyarakat Papua, pecahan baru tersebut menjadi lebih istimewa. Apa pasal? 

Ternyata ada bagian depan uang tersebut terdapat gambar Jembatan Youtefa yang lokasinya herada di Kota Jayapura. Gambar Jembatan Youtefa, yang berdampingan dengan Tol Trans Jawa dan MRT, dilambangkan sebagai pencapaian pembangunan Indonesia di bidang infrastruktur. 

Merespons hal tersebut, Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano yang dihubungi melalui telepon, pada Selasa (18/8/2020), mengaku bangga Jembatan Youtefa ada di pecahan Rp 75.000. 

"Ini suatu apresiasi khusus bagi Papua karena banyak bangunan yang dibangun secara megah di Indonesia, tapi pilihannya pada Papua, berarti Papua melekat di hati Bapak Presiden," ujar Benhur. 

Benhur berharap, hal ini bisa direspons baik oleh masyarakat Papua untuk meningkatkan rasa nasionalismenya dan menghargai setiap proses pembangunan yang tengah berlangsung. 

Menurut dia, apa yang ditampilkan dalam uang Rp 75.000 merupakan sebuah capaian pembangunan selama 75 tahun Indonesia merdeka. "Itu bertanda bahwa pembangunan untuk semua orang dan merata. Ini dibangun menggunakan uang rakyat, saya memberikan apresiasi luar biasa kepada Pak Jokowi yang mengambil satu lambang kemegahan di Papua, yang merupakan landmark yang ada di Kota Jayapura," kata dia. 

Apresiasi pun disampaikan oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, yang melihat apa yang ditampilkan di uang tersebut menunjukan perhatian khusus pemerintah terhadap Papua. Karena itu, ia mengajak seluruh warga Papua untuk bisa memaknai hal tersebut dengan ikut berperan aktif dalam setiap proses pembangunan, baik dari sisi konstruksi maupun sumber daya manusia. 

"Orang Papua juga harus bangga, sebab pada uang tersebut ada gambar Jembatan Youtefa," kata Klemen. 

Kepala Kantor Perwakilan BI Papua, Naek Tigor Sinaga, mengaku, tidak mengetahui persis bagaimana akhirnya Jembatan Youtefa, Tol Trans Jawa dan MRT dimasukan dalam gambar di pecahan Rp 75.000. Namun, ia memastikan hal tersebut sudah melalui tahapan pertimbangan yang matang sehingga akhirnya pecahan tersebut diluncurkan. 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Wakil Presiden: Santri Bagian Penting dari MES

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 05:05 WIB

Puan: Santri Banyak Kontribusi untuk NKRI

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 04:35 WIB

Golkar: Jokowi-Ma’ruf Berhasil Kendalikan Covid-19

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:02 WIB
X