BPK Ingatkan Kemdes PDTT Tindaklanjuti Rekomendasi LHP

- Kamis, 20 Agustus 2020 | 10:03 WIB

HARIANHALUAN.COM - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengingatkan agar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemdes PDTT) untuk menindaklanjuti pada laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan (LK) Kemdes PDTT tahun anggaran 2019.

"Tindak lanjut merupakan sebuah mahkota. Oleh karena itu, BPK ingin seluruh tindak lanjut yang telah direkomendasikan agar ditindaklanjuti dengan serius, khususnya di Kemdes PDTT," ungkap Anggota III BPK Achsanul Qosasi usai menyerahkan LHP kepada Mendes Abdul Halim Iskandar di Kantor Kemdes PDTT, Jakarta, Selasa (18/8/2020).

Menurut Achsanul, LK Kemdes PDTT telah disajikan secara wajar dan telah sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan (SAP). Oleh karena itu, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Meskipun mendapat opini WTP, masih terdapat beberapa permasalahan yang menjadi catatan BPK, seperti permasalahan pada sistem pengendalian intern (SPI) dan pada kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. 

Adapun permasalahan terkait SPI di antaranya adalah penatausahaan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) tidak tertib. Pada aspek kepatuhan, BPK menemukan kelebihan pembayaran perjalanan dinas serta kekurangan volume pekerjaan dan denda keterlambatan penyelesaian pekerjaan.

Atas permasalahan tersebut, BPK merekomendasikan kepada Kemdes PDTT untuk menyusun standar operasional prosedur (SOP) atas PNBP lainnya di lingkungan Kemdes PDTT serta mengembalikan kelebihan pembayaran ke kas negara.

Achsanul berharap, dengan rekomendasi tersebut, permasalahan yang menjadi temuan dalam pemeriksaan tahun ini tidak ditemukan di tahun selanjutnya.

Turut hadir pada acara tersebut Auditor Utama Keuangan Negara III Bambang Pamungkas serta para pejabat di lingkungan BPK dan Kemdes PDTT. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Kasus Harian Covid-19 RI Hari Ini Bertambah 1.760

Minggu, 26 September 2021 | 17:20 WIB

Anies dan Gibran Saling Puji, Hari Ini Janji Akan Bertemu

Minggu, 26 September 2021 | 13:27 WIB

Status Irjen Napoleon Ditentukan Pekan Depan

Sabtu, 25 September 2021 | 22:20 WIB
X