Agar Insiden Tol Ambruk Tak Terulang, Gapensi: Lelang Proyek Jangan Asal Murah

- Minggu, 23 Agustus 2020 | 18:19 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah hal perlu diperbaiki supaya Insiden Tol Cibitung-Cilincing yang ambruk tidak terulang kembali pada masa yang akan datang. Hal ini mesti menjadi perhatian serius pemerintah. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensi) Andi Rukman N Karumpa mengatakan, ada sejumlah masalah yang perlu jadi perhatian di dunia konstruksi nasional. Ia menyebut di antaranya ialah masalah material impor hingga 'banting-bantingan' harga untuk mendapat proyek.

Maka itu, dia mengatakan, konsultan mesti terlibat lebih jauh dalam penanganan proyek.

"Peran konsultan perencanaan dan pengawasan harus full terlibat. Jangan hanya mereka bicara di atas kertas tapi hadir di lapangan. Pengawasan, kepatuhan menjalankan kaidah yang ditandatangani," jelasnya kepada detikcom, Minggu (23/8/2020).

Menurutnya, mekanisme lelang juga mesti diperbaiki. Menurutnya, pemenang lelang bukan hanya mempertimbangkan harga namun juga kualitasnya.

"Kedua yang dapat mempengaruhi kualitas buruknya pekerjaan itu adalah harga," terangnya.

Lanjut Andi, masalah menyangkut keselamatan pekerja juga harus diutamakan. Sehingga, kecelakaan kerja tidak kembali terulang.

"Ketiga menyangkut keselamatan kerja, hampir semua ada aturannya sudah ada regulasinya yang jadi persoalan adalah kepatuhan menjalankan regulasi itu, akhirnya terjadi kecerobohan seperti ini," terangnya. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Luhut Ramalkan Covid-19 Sepekan ke Depan Membaik

Selasa, 3 Agustus 2021 | 09:18 WIB

Ini Kata ICW Usai Terima Somasi dari Moeldoko

Selasa, 3 Agustus 2021 | 08:00 WIB

PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini Instruksi Mendagri

Selasa, 3 Agustus 2021 | 01:10 WIB

Terungkap! Ini Motif Penyiraman Wartawan di Medan

Senin, 2 Agustus 2021 | 15:26 WIB
X