1,4 Juta Vaksin AstraZeneca Kembali Tiba di Tanah Air

- Kamis, 20 Januari 2022 | 14:15 WIB
Kedatangan Vaksin di Bandara Soerkarno Hatta (InfoPublik.Id)
Kedatangan Vaksin di Bandara Soerkarno Hatta (InfoPublik.Id)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia kembali kedatangan vaksin sebagai salah satu upaya menghadapi pandemi COVID-19. Vaksin dalam tahap kedatangan ke-198 dan 199 ini merupakan donasi dari Pemerintah Belanda dan Jepang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, vaksin yang tiba dalam tahap ke-198 berjumlah 228.800 dosis pada pukul 15:45 WIB yang merupakan dukungan pemerintah Belanda melalui COVAX atau COVID-19 Vaccines Global Access, sebuah inisiatif global yang ditujukan untuk akses setara untuk vaksin-vaksin COVID-19.

Baca Juga: 8 Juta Vaksin Tiba di Tanah Air, Siti Nadia: Cegah Lonjakan Kasus Covid-19

Menlu Retno menjelaskan, donasi ini merupakan pengiriman ke-10 dukungan vaksin dari

Pemerintah Belanda. Dengan ketibaan vaksin hari ini, Indonesia telah menerima sejumlah 6.047.400 dosis vaksin dari Belanda.

"Dukungan ini merupakan bukti solidaritas yang kuat dari Belanda bagi program vaksinasi Indonesia," ujar Menlu Retno dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Lebih dari 12 Juta Vaksin Tiba dalam Tiga Hari ke Indonesia, Total Vaksin Tembus 300 Juta Dosis

Sementara itu Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong mengatakan, pada tahap ke-199, lanjut Usman, vaksin yang tiba berjumlah 1.175.800 dosis. Vaksin yang tiba 23:55 WIB tersebut merupakan donasi dari pemerintah Jepang.

"Sehingga total vaksin yang tiba pada Selasa ini 1,4 juta dosis vaksin AstraZeneca," kata Usman.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X