Ini Langkah yang Perlu Dilakukan Orang Tua agar Anak Tetap Aman saat PTM

- Kamis, 20 Januari 2022 | 14:55 WIB
Dua Bulan PPKM Level 1, Padang Panjang Berlakukan PTM 100 Persen
Dua Bulan PPKM Level 1, Padang Panjang Berlakukan PTM 100 Persen

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Reisa Broto Asmoro memaparkan, bahwa pada Januari ini terdapat peningkatan mobilitas karena kegiatan bisnis dan ekonomi mulai berjalan lagi setelah libur Nataru. Selain itu, adanya kedatangan wisatawan yang baru kembali dari luar negeri, serta anak-anak yang kembali menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

“Kementerian Perhubungan mengeluarkan data bahwa selama periode Natal dan Tahun Baru 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, terjadi peningkatan rata-rata penumpang kendaraan umum sebanyak 13,91% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu,” ujar Reisa dalam Keterangan Pers dari Istana Kepresidenan Jakarta, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: 39 Sekolah di Jakarta Ditutup Selama PTM 100 Persen, 67 Orang Terpapar Covid-19

Untuk itu, ia meminta warga memperketat kembali penggunaan masker terutama di ruang publik dan ketika berinteraksi dengan orang lain. Juga menerapkan jaga jarak dan mencuci tangan dengan rutin, serta mengurangi mobilitas hanya untuk keperluan yang sangat penting saja.

Adapun, tercatat sepanjang 2021 jumlah kedatangan warga negara Indonesia yang melakukan perjalanan dari luar negeri mencapai 514.251 jiwa.

Baca Juga: Dua Bulan PPKM Level 1, Padang Panjang Berlakukan PTM 100 Persen

“Ini perlu dijadikan catatan penting bagi seluruh masyarakat yang usai melakukan perjalanan ke luar negeri untuk patuh melakukan karantina secara tertib agar risiko penyebaran virus COVID-19 dapat dihindari,” kata Reisa.

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo pada 18 Januari 2022, Reisa menyampaikan bahwa jika masyarakat tidak memiliki keperluan mendesak, maka sebaiknya mengurangi kegiatan di pusat-pusat keramaian dan menyarankan Work From Home bagi yang bisa bekerja dari rumah.

Selain itu, masyarakat juga dianjurkan agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terlebih dahulu, kecuali ada hal yang mendesak.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X