Apa Itu Nocebo? Efek Samping Usai Vaksin Covid-19

- Jumat, 21 Januari 2022 | 10:45 WIB
Ilustrasi vaksinasi anak (Harian Haluan)
Ilustrasi vaksinasi anak (Harian Haluan)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Efek samping vaksin Covid-19 pada beberapa kasus berdampak pada tubuh. Penelitian terbaru mengungkapkan hal di luar perkiraan yang sangat mengejutkan yang disebut dengan Nocebo.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), sekitar 77 persen dari mereka yang menerima dosis vaksin Pfizer, Moderna, atau Johnson & Johnson melaporkan setidaknya mengalami satu gejala non-lokal segera setelah divaksin, seperti sakit kepala, demam, kelelahan dan nyeri otot.

Sebanyak tiga perempat dari kasus efek samping akibat vaksin Covid-19 yang terjadi selama ini diyakini tidak terkait dengan kandungan vaksin. Pikiran atau sugesti tiap individu menjadi penyebabnya.

Baca Juga: 1,4 Juta Vaksin AstraZeneca Kembali Tiba di Tanah Air

Sebuah studi terbaru yang dilakukan para ilmuwan di Harvard University mengatakan, jutaan orang di dunia dapat menderita efek Nocebo.

Ini adalah sebuah efek fenomena, di mana terjadi ketika seseorang menghadapi reaksi tidak nyaman setelah mendapatkan obat, hanya karena mereka sendiri berpikir demikian.

Dilansir The Sun, Rabu (19/1/2022), beberapa dari orang yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 merasa sakit kepala hingga kelelahan. Studi menganalisis laporan dari 44 ribu orang, yang setengah di antaranya hanya diberi plasebo vaksin.

Baca Juga: Resiko Operasi Miss V: Kerusakan Saraf Hingga Sakit Ketika Berhubungan

Banyak dari peserta yang diteliti dalam studi mengatakan menderita efek samping. Namun, pada kenyataannya, mereka kemungkinan menghubungkan masalah yang tidak terkait dengan vaksin.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X