Semarakkan HUT IKLA Riau, Panitia Mentaja Gelar Seminar Perkuat Adat Minangkabau bagi Perantau

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:15 WIB
Jelang perayaan HUT IKLA Riau, panitia menggelar seminar perkuat adat Minangkabau bagi perantau
Jelang perayaan HUT IKLA Riau, panitia menggelar seminar perkuat adat Minangkabau bagi perantau

RIAU, HARIANHALUAN.COM - Menjelang perayaan ulang tahun Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA) pada Sabtu (22/1/2022), malam ini panitia mentaja seminar kebudayaan. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Suka, Pekanbaru, termasuk secara daring melalui aplikasi Zoom.

Ketua Umum IKLA Riau, Muhammad Hanafi menjelaskan, seminar bertema 'Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah: Syarak Mangato, Adat Mamakai' ini bakal membahas bagaimana menjadi pribadi beradat dan bermarwah di perantauan.

Baca Juga: Sambut HUT IKLA Riau, Ini Pesan Pengurus IKMR hingga Mantan Bupati Bukittinggi

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang berbagi pengalaman antara tetua dengan anak dan kemenakan.

"Inilah seminar bersama niniak mamak. Mewujudkan cita-cita dari IKLA kemarin, bahwa kita bermarwah dan bermartabat. Anak dipangku, kemenakan dibimbing, urang kampuang dipatenggangkan. Mudah-mudahan terwujud melaksanakannya ke seluruh wilayah, karena kita juga pakai Zoom," papar Hanafi dikutip dari Riaumandiri.co (Haluan Media Group), Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga: Bupati Agam Resmikan Rumah Tahfiz Al Ikhlas Amaliyah IKLA Perawang Riau

Hanafi juga mengatakan, pada kegiatan ulang tahun kali ini, IKLA telah mengundang seluruh pihak terkait, baik pendiri, niniak-mamak, dan para sesepuh.

"Kita mengundang dari ranah, yaitu Bapak Gubernur Riau dan Sumbar, Bupati Agam, Wali Kota Bukittinggi, DPRD Agam dan Bukittinggi, dan para pendiri," ungkapnya.

"Persiapan acara besok sudah maksimal. Kemudian tamu-tamu juga sudah datang. Peserta diperkirakan 300 orang. Ini karena masih Covid-19, kita hanya bisa mengadakan di dalam gedung, tidak di ruang terbuka," tambahnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: riaumandiri.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X