Eks Ajudan Jokowi Widi Prasetijono Dipercaya Jabat Danjen Kopassus

- Minggu, 23 Januari 2022 | 18:15 WIB
Foto: Widi Prasetijono (ahmad syauki via Wikimedia Commons/CC-BY-2.0)
Foto: Widi Prasetijono (ahmad syauki via Wikimedia Commons/CC-BY-2.0)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa resmi menunjuk Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Widi Prasetijono sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) baru.

Seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (23/1/2022), keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor 66/1/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang diteken Andika Perkasa pada Jumat (21/1/2022).

Baca Juga: Luar Biasa! Meski Pandemi Corona, Ajudan Jokowi Raih Titel Pasukan Elite Milter AS

Widi Prasetijono sendiri akan menggantikan posisi Mayor Jenderal (Mayjen) Teguh Muji Angkasa yang sudah menjabat sebagai Danjen Kopassus sejak 9 Desember 2021 lalu menggantikan Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Widi Prasetijono bukanlah orang asing di tubuh TNI. Widi sebelumnya menjabat sebagai Kasdam IV Dipenogoro, serta bekas ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pos yang bersinggungan dengan presiden sendiri memang kerap disebut-sebut sudah sejak lama menjadi 'jalur otomatis' untuk cepat promosi dalam suatu jabatan struktural.

Setelah menjadi ajudan Jokowi, Widi Prasetijono menjabat sebagai Danrindam III Siliwangi, kemudian kembali bertugas di Solo sebagai Komandan Korem 074/Warastratama pada 2017 lalu.

Karir lulusan Akademi Militer pada 1993 itu terus menanjak. Satu tahun sejak menjadi Komandan Korem, ia dimutasi menjadi Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma Komando Daerah Militer IV/Mulawarman.

Kini, sang eks ajudan itu dipercaya Andika Perkasa sebagai Danjen Kopassus. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Telkom Akan RUPST Tanggal 27 Mei 2022

Kamis, 19 Mei 2022 | 10:59 WIB
X