Ingatkan Jokowi, Ahli Wabah: Korona Lima Tahun Tak Akan Selesai

Administrator
- Minggu, 20 September 2020 | 08:05 WIB

HARIANHALUAN.COM - Epidemiolog atau ahli wabah dari Universitas Indonesia Pandu Riono mengingatkan Pemerintah Jokowi untuk menangani pagebluk Covid-19 ini ditangani secara serius dan terstruktur. Wabah diperkirakan belum selesai dalam lima tahun. Pandemi corona di Indonesia belum menunjukkan kurva melandai dan belum diketahui kapan akan berakhir. 

Pandu Riono memprediksi penanganan virus corona masih membutuhkan waktu yang panjang dan belum akan berakhir di tahun 2020. "Saya perkirakan lima tahun pandemi juga belum selesai. Jangan berharap tahun ini selesai, jangan harap tahun depan selesai," kata Pandu dalam webinar bertajuk 'Menakar Perilaku Masyarakat dalam Beradaptasi dengan Pandemi Covid-19.

Pemerintah seharusnya melakukan penanganan corona secara terstruktur seperti target testing hingga pelaksanaan isolasi. Pemerintah jangan memberikan penugasan kepada sejumlah pihak tanpa memperhatikan kemampuan yang dimiliki. Presiden Jokowi harus langsung turun tangan untuk memimpin penanganan pandemi corona. Pandu berharap Jokowi bukan hanya sekadar memerintahkan bawahannya. (*)

Editor: Administrator

Terkini

X