Ngeri! BMKG Prediksi Potensi Tsunami Jawa Bisa di Atas 20 Meter

- Senin, 24 Januari 2022 | 11:30 WIB
Ilustrasi tsunami. (pixabay.com)
Ilustrasi tsunami. (pixabay.com)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Peneliti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menjelaskan bahwa pihaknya telah memprediksi Pulau Jawa berpotensi mengalami tsunami besar, namun kapan waktu terjadinya belum dapat dipastikan.

Berdasarkan pemodelan oleh BMKG, jika ada gempa berkekuatan 8,7 skala richter yang menerjang wilayah Pulau Jawa, maka seluruh selatan Jawa akan terdampak.

Baca Juga: Tsunami Tonga Sampai AS dan Jepang, Bagaimana Nasib Indonesia?

"Kalau gempa yang terjadi sampai 8,7 sudah kita modelkan apakah pusatnya di Jawa Timur, selatan Jawa di Jakarta, selatan Jawa Barat, selatan Banten, atau Selat Sunda. Hampir seluruh selatan Jawa terlanda," kata Daryono, dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (24/1/2022).

Selain itu, dampak terbesar juga akan melanda pada pantai dengan kontur landai, mengingat gelombang tsunami diprediksi akan berukuran sangat tinggi hingga mencapai lebih dari 20 meter. Dengan begitu, pantai yang memiliki tempat yang terjal berupa tebing akan sedikit lebih aman.

Baca Juga: Tsunami di Tonga, Sampai Kini Nasib 5 WNI Belum Diketahui

"Tempat-tempat yang pantainya terjal berupa tebing agak aman, tsunami tidak akan merangsek ke daratan," jelasnya.

Daryono juga menjelaskan jika gempa megathrust berkekuatan 8,7 magnitudo di selatan Banten dan Selat Sunda terjadi, maka akan berdampak ke Jawa Barat, Lampung bahkan masuk ke Laut Jawa.

Sementara itu, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga memprediksi adanya potensi tsunami dengan tinggi 20 meter di pesisir Pulau Jawa dan sekitarnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X