Diungkap Ngabalin, Ahok Digadang-gadang Akan Jadi Calon Kepala Otorita IKN

- Senin, 24 Januari 2022 | 16:55 WIB
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Bambang Brodjonegoro, Abdullah Azwar Anas, dan Tumiyana.  (Instagram)
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Bambang Brodjonegoro, Abdullah Azwar Anas, dan Tumiyana. (Instagram)

 

HARIANHALUAN.COM - Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok digadang-gadang akan menjadi Kepala Otorita IKN atau Ibu Kota Negara. Selain itu terdapat empat nama lain yang masuk dalam kandidat kepala otorita.

Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, saat berkunjung ke Batam mendampingi Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. "Bapak Ahok satu nama yang disebut Presiden Jokowi (menjadi Kepala Otorita IKN),” kata Ngabalin, Senin, 24 Januari 2022.

Baca Juga: Anggota DPR-RI Darizal Basir Serahkan Bantuan Masjid dan MDTA di Pesisir Selatan

Ia melanjutkan ada empat nama lain yang akan menjadi Kepala Otorita IKN. Keputusan final ihwal sosok yang akan mengisi posisi Kepala Otorita IKN dijadwalkan disampaikan Presiden Joko Widodo pada Rabu, 26 Januari 2022. "Yang jelas empat nama lainnya adalah punya pengalaman arsitek dan ada juga yang kepala daerah terbaik," kata Ngabalin.

Baca Juga: Capaian Vaksin di Tanah Datar Mencapai 68 Persen

Menurut dia, ibu kota negara atau ibu kota baru adalah kebijakan baru di Indonesia untuk membangun peradaban 100-300 tahun ke depan. "IKN adalah bicara generasi Indonesia ke depan, semoga pembangunan ini berjalan lancar," tutur Ngabalin.

Sebelumnya Presiden Jokowi terus mendorong proses pembangunan ibu kota negara setelah terhenti akibat pandemi Covid-19. Selain sudah ada UU Ibu Kota Negara, pemerintah juga sudah memilih nama ibu kota ini dengan sebutan Nusantara. Dalam waktu dua bulan sejak UU IKN disahkan, presiden akan menunjuk Kepala Otorita IKN. (*)

 

Editor: Heldi Satria

Sumber: tempo.id

Tags

Terkini

X