Keren! Rumah Tahfiz Kini Hadir di Mesir

- Selasa, 25 Januari 2022 | 21:30 WIB
Rumah tahfiz
Rumah tahfiz

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gema Rumah Tahfidz di Indonesia telah terasa hingga berbagai penjuru negeri. Ribuan Rumah Tahfidz dengan puluhan ribu santri kini sudah bertebaran tak hanya di wilayah kota, namun juga pedalaman.

Namun siapa sangka gerakan Rumah Tahfidz juga telah sampai ke luar negeri. Palestina dengan Rumah Tahfidz Daarul Qur'an Gaza adalah salah satu yang paling dikenal. Akan tetapi, apakah sudah banyak yang mengenal Rumah Tahfidz di Mesir?.

Baca Juga: Bupati Agam Hadiri Wisuda Alquran dan Resmikan Rumah Tahfiz Masjid Raya Tiku

Ya, ternyata di Mesir, tepatnya di Abdou Basha telah berdiri setidaknya empat Rumah Tahfidz. Pendirinya adalah orang Indonesia, mereka merupakan lima sahabat penghafal Al-Qur'an. Terdiri dari Abdul Aziz, Ahmad Faqih, Muhammad Rendi, Ibrahim lubis dan Udin.

Kelimanya adalah mahasiswa Indonesia yang tengah menempa ilmu di negeri seribu menara itu. Sebelum sampai pada tahap ini, mereka adalah santri KH. Yusuf Mansur. 

Baca Juga: Wako Padang Serahkan APE kepada Rumah Tahfiz Ansharullah Kelurahan Rawang

Kisahnya bermula saat KH. Yusuf Mansur mengajak siswa-siswi MAN 12 Jakarta Barat untuk menghafal Al-Qur'an di 'rumah putih', sebutan untuk kediaman KH. Yusuf Mansur. Mereka belajar dan menghafal Al-Qur'an di rumah KH. Yusuf Mansur selama delapan bulan. Sebelum kemudian berpindah ke Pesantren Wadi Mubarok, Bogor.

Belum genap hafalan AL-Qur'annya, KH. Yusuf Mansur menawarkan mereka untuk menyelesaikan hafalan Al-Qur'an di Mesir. KH. Yusuf Mansur juga mengatakan bahwa mereka dapat memperdalam ilmu agama jika belajar ke Mesir.

Setelah menyetujui tawaran tersebut, mereka akhirnya terbang ke Mesir. Di sana mereka mencari halaqah tahfidz yang berbasis mukim atau menetap untuk memenuhi tugas KH. Yusuf Mansur. Namun, setelah mereka menemukan sebuah halaqah yang sesuai, pendaftaran masuk halaqah tahfidz tersebut telah ditutup. 

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X