Deretan Nama Tokoh Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri

- Jumat, 30 Oktober 2020 | 07:20 WIB

HARIANHALUAN.COM - Ternyata ada banyak tokoh asal Indonesia yang namanya harum hingga luar negeri. Para tokoh ini dikagumi karena keberanian dan semangatnya untuk memajukan rakyat Indonesia.
Yang tambah membanggakan, nama mereka sampai dijadikan sebagai nama jalan untuk mengenang jasanya.

Tak hanya di dalam negeri, sejumlah nama tokoh Indonesia juga ada yang sampai diabadikan menjadi nama jalan di luar negeri.

Berikut beberapa nama tokoh Indonesia yang menjadi nama jalan di luar negeri:

1. Presiden Soekarno
Bapak proklamator kemerdekaan Indonesia ini tidak hanya disegani di dalam negeri, Soekarno bahkan terkenal hingga dunia internasional.

Presiden pertama Indonesia ini penggagas kemerdekaan utuh di negara-negara Asia dan Afrika. Ia pula yang pertama kali menggagas Konferensi Asia Afrika pada 1955, peristiwa bersejarah ini menghasilkan solidaritas antar negara untuk menghormati kedaulatan negara masing-masing.

Berkat jasa Soekarno, Maroko menjadikan nama Ir. Soekarno menjadi salah satu nama jalan di Kota Rabat. Jalan bernama Rue Soekarno diresmikan pada 2 Mei 1960, dan merupakan jalan utama kota tersebut.

Selain Maroko, Mesir juga menggunakan nama Ir. Soekarno sebagai nama jalan. Ahmed Soekarno St dijadikan sebagai nama jalan di Kit Kat Agouza Geiza, dekat dengan pusat kota dan pusat kebudayaan di Tahrir Square, Kairo.

2. Mohammad Hatta
Nama Mohammad Hatta dijadikan sebuah nama jalan di Belanda. Jalan bernama Mohhamed Hattastraat itu diresmikan pada 1987 sebagai bentuk penghormatan Bung Hatta dalam memerdekan Indonesia.

Bung Hatta dikenal sebagai bapak koperasi Indonesia, juga berperan penting bersama Soekarno dalam kemerdekaan Indonesia. Ia juga pernah mengenyam pendidikan di Belanda saat era kolonialisme.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Terpopuler

X