Pro-Kontra RUU Pelarangan Minol, MUI: Jangan Tunduk pada Keinginan Pengusaha Miras

- Jumat, 13 November 2020 | 19:06 WIB

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau pemerintah dan DPR tidak tunduk pada keinginan pedagang minuman keras.

Sikap pro dan kontra  mengemuka lagi ketika DPR kembali  membahas Rancangan Undang-undang Larangan Minuman Beralkohol (Minol). 

"Menurut saya dalam membuat UU tentang Miras ini pemerintah jangan tunduk kepada keinginan pedagang. Dan juga jangan biarkan mereka mencari untung dengan merugikan dan merusak fisik serta jiwa dan agama  orang lain yang mengkonsumsinya seperti halnya juga dengan narkoba," ujar Anwar dalam keterangan tertulis, Jumat (13/11/2020). 

Dia menjelaskan, minuman keras itu tidak baik menurut agama maupun menurut ilmu kesehatan. Oleh karena itu, menurut dia, pemerintah dan DPR tidak boleh membuat peraturan yang akan membuat rakyatnya akan jatuh sakit dan atau akan  terkena penyakit serta melanggar ajaran agamanya. 

"Karena tugas pemerintah adalah melindungi rakyatnya dan pemerintah juga sudah tahu bahwa minuman keras itu berbahaya bagi yang mengkonsumsinya," ucapnya. 

Dia pun mengapresiasi Gubernur Papua Lukas Enembe yang ingin melindungi rakyatnya dari minuman haram tersebut. Dia kagum kepada Lukas Enembe yang benar-benar ingin memajukan propinsinya dan melindungi rakyatnya. 

"Di mana seperti kita ketahui beliau tetap ngotot untuk melaksanakan Perda Nomor 15 Tahun 2013 tentang pelarangan peredaran minuman keras di Bumi Cenderawasih," katanya. 

Dalam hal ini, menurut Anwar,  Lukas Enembe tidak hanya menggunakan pendekatan agama tapi juga pendekatan rasional atau ilmu dan budaya. Karena, kata dia, Lukas Enembe mengetahui bahwa mengkonsumsi minuman keras itu berkorelasi dengan produktifitas, kesehatan dan kematian. 

"Beliau melihat gara-gara minuman keras produktifitas rakyatnya menjadi bermasalah sehingga keinginan beliau untuk memajukan propinsinya terkendala oleh budaya dan perilaku sebagian rakyatnya yang tidak mendukung," jelasnya. 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Golkar: Jokowi-Ma’ruf Berhasil Kendalikan Covid-19

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:02 WIB

Tidak Berpotensi Tsunami, Gempa M 5,3 Guncang Malang

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:09 WIB
X