Sudah Ada Vaksin, Mungkinkah Kehidupan Akan Berjalan Normal Lagi?

- Sabtu, 14 November 2020 | 18:52 WIB

HARIANHALUAN.COM - ERA kehidupan baru atau new normal memang tengah diterapkan setelah merebaknya Pandemi Covid-19. New normal sendiri adalah era di mana kita harus lebih aware dengan masalah kesehatan, dan hidup lebih bersih dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Tapi, seiring dengan beredarnya kabar bahwa uji coba vaksin untuk corona telah berhasil, banyak masyarakat menaruh harap untuk melakukan kebiasaan lama mereka kembali. Tapi, apakah kehidupan yang lama masih bisa kembali lagi?

"Jangan bermimpi kembali ke kehidupan awal sebelum Covid-19 datang," ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur, dr. Indah Fitriani, Sp.PD dikutip dari Okezone.

Dia melanjutkan, meskipun vaksin Covid-19 sudah bisa disebarkan kepada seluruh masyarakat Indonesia harus tetap berhati-hati. Sebab butuh waktu yang cukup lama, agar kehidupan bisa normal seperti semula."Butuh waktu bertahun-tahun lagi sampai kita bisa kembali ke kehidupan seperti dulu," katanya.

Selain itu, dia melihat kemungkinan besar setelah vaksin ditemukan masker masyarakat belum bisa terlepas dari masker. "Suatu saat nanti di masa yang akan datang, ya mungkin saja (red. bisa lepas masker). Kita berharap begitu ya. Jika pertama, Covid sudah hilang dari permukaan bumi," katanya.

Kedua, kata dokter Indah, proteksi dari vaksin sudah bisa menjangkau seluruh masyarakat, serta sudah teruji betul bahwa vaksin yang diberikan ampuh menangkal virus tersebut.

"Proteksi dari vaksinnya sudah persen, dan cakupan vaksin sudah bisa menjangkau seluruh rakyat Indonesia," terangnya.

Masker saat ini menjadi salah satu alat pencegah penularan Covid-19, supaya saluran pernafasan seperti hidung dan mulut dapat terjaga. Anjuran ini juga disebutkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo.

Ia mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segara mensosialisasikan pemakaian masker kepada masyarakat, sekaligus membagikannya. Sebab hal ini merupakan bagian dari protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Kabar Gembira! Upah Minimum 2022 Bakal Naik

Senin, 25 Oktober 2021 | 13:22 WIB

Anies hingga Mendagri Digugat ke PTUN, Apa Sebabnya?

Senin, 25 Oktober 2021 | 12:12 WIB

Naik Pesawat Boleh Pakai Antigen, Ini Syaratnya

Senin, 25 Oktober 2021 | 11:40 WIB
X