Duh, Jaksa Palsu di Riau Ini Juga Nikah Siri dengan Gadis Cantik

- Kamis, 27 Januari 2022 | 05:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HARIANHALUAN.COM -  Dalam aksinya Jaksa Palsu Hari Budi Utomo (46,) tidak saja menipu warga di Riau dengan janji mampu mengurus semua perkara, bahkan sempat pula memperdayai seorang gadis hingga melaksanakan nikah siri.

Baca Juga: Bentrokan di Pulau Haruku Maluku, Ada Pemakai Senjata Api Rakitan

Sang Jaksa Palsu tersebut kini meringkuk di tahanan Kejaksaan untuk menjalani tahapan proses perkaranya.

"JPU telah menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti perkara penipuan atau pemalsuan (Jaksa Gadungan) dari penyidik Polres Bengkalis atas nama tersangka Hari Budi Utomo," ujar Kepala Kejari Bengkalis Rakhmat Budiman melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum Zikrullah, seperti dikutip dari haluanriau.co, Rabu (26/1) malam.

Dia menjelaskan, perbuatan tersangka sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 263 ayat (1) KUHPidana atau Pasal 378 KUHPidana.

Diketahui, Hari Budi Utomo ditangkap n karena mengaku sebagai seorang Jaksa yang bertugas di Bidang Pengalihan Aset dan dapat membantu masyarakat khususnya warga Rupat untuk kepentingan pengurusan perkara.

Tidak hanya itu, pada bulan April 2021, dia melangsungkan pernikahan secara siri dengan seorang wanita berinisial IS (48) yang dikenalnya melalui media sosial Facebook. Saat perkenalan itu, yang bersangkutan memperkenalkan diri sebagai seorang Jaksa yang bertugas di Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Agung sebagai Penyidik.

Sejak saat itu pula, pelaku tidak beranjak dari wilayah Rupat. Dia beralasan ada tugas khusus sehingga tidak harus masuk kantor, cukup dilakukan di rumah saja secara online.

Yang bersangkutan mendapatkan baju dinas Kejaksaan beserta pangkat dan atribut serta pakaian Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) dengan cara membeli secara online.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluanriau.co

Tags

Terkini

X