Jawab Tantangan Pendidikan, LPI DD Helat Public Expose dan Education Outlook

- Kamis, 27 Januari 2022 | 06:55 WIB
ilustrasi pendidikan pada anak-anak dalam rangka mencegah kekerasan seksual (pixabay (picjumbo_com))
ilustrasi pendidikan pada anak-anak dalam rangka mencegah kekerasan seksual (pixabay (picjumbo_com))

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pandemi telah mengubah perwajahan pendidikan di Indonesia. Data dari UNESCO (2021) menyebutkan selama pandemi 27 sekolah ditutup -baik secara penuh maupun sebagian-.

Ditutupnya sekolah membuat 174 juta pelajar terdampak dan berpotensi menimbulkan learning loss yang disinyalir menyebabkan penurunan pencapaian kualitas pendidikan serta mengancam keberlangsungan kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa depan.

Baca Juga: Selamat! 3.004 Peserta Lulus Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 2

Ini adalah tantangan yang harus diselesaikan secara serius, hanya saja, tantangan dan dampak pandemi terhadap bidang vital pendidikan tentu tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi perlu aksi bersama banyak pihak.

Menjawab tantangan tersebut, Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (LPI DD) menghelat Public Expose dan Education Outlook 2022 bertema “EduAction: KolaborAksi Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Negeri” yang diadakan di CoHive 101, Jakarta.

Baca Juga: Pesisir Selatan Optimistis Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2022 Capai 65 Persen

“Pendidikan adalah tanggung jawab bersama, melalui Public Expose dan Education Outlook 2022 kami ingin membentuk keterbukaan pengelolaan pendidikan melalui dana publik sehingga terjalin ekosistem kolaborasi antar stakeholder guna menghadirkan pendidikan berkualitas,” ujar Nurhayati Rospita Sari, Manajer Strategic Partnership LPI DD.

Nur menambahkan, LPI DD memiliki visi mewujudkan Indonesia berdaya melalui model pendidikan berkualitas.

“LPI DD menghadirkan model pendidikan berkualitas guna melahirkan sumber daya manusia unggul dan strategis agar potensi learning loss bisa ditekan,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X