Pembangunan IKN Dapat Dukungan Kepala Adat Dayak Kenya, KSP Sebut Konsep Smart dan Green

- Senin, 7 Februari 2022 | 11:46 WIB
Ilustrasi Desain Metaverse IKN Nusantara. Image credit: Berita Satu (Ida Farida)
Ilustrasi Desain Metaverse IKN Nusantara. Image credit: Berita Satu (Ida Farida)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur akan menggunakan konsep smart dan green, mulai kawasan pemerintahan hingga permukiman.

Hal itu diungkapkan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Wandy Tuturoong. Menurutnya, konsep smart yang dimaksud, setiap infrastruktur yang dibangun akan menggunakan teknologi modern dalam implementasinya.

Sementara, konsep green yakni penggunaan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan. Sehingga setiap infrastruktur yang dibangun dapat berkontribusi dalam melestarikan lingkungan di IKN Nusantara.

Baca Juga: Waspada Investasi Bodong, Kenali Jenis dan Ciri-Cirinya

"Misalnya akses antara satu tempat ke tempat lain harus ditempuh dalam 30 menit. Maka diperlukan peran teknologi ramah lingkungan," kata Wandy dikutip harianhaluan.com pada Senin (7/2/2022).

Sebelumnya, dukungan terhadap pembangunan IKN disampaikan oleh Sultan Kutai Kartanegara, Muhammad Arifin. Pihaknya menyambut baik dibangunnya IKN di Kalimantan Timur.

"Kami atas nama Sultan Kutai Kartanegara mendukung penuh 100 persen diadakannya pembangunan IKN saat ini," ujarnya.

Baca Juga: Siti Badriah dan Krisjiana Sudah Negatif Covid-19 dalam Kondisi Hamil Tua

Hal senada disampaikan oleh Sultan Paser, Muhammad Jarnawi, yang menyebut bahwa Kesultanan Paser menyambut antusias pembangunan IKN. Ia juga mengaku sangat bangga bisa bertemu dan berdialog dengan Presiden Joko Widodo.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X