Waspada! Daerah Ini Berpotensi Terdampak Cuaca Ekstrem Hingga Tanggal 14 Februari 2022

- Selasa, 8 Februari 2022 | 18:50 WIB

HARIAN HALUAN - Cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Selain hujan, diperkirakan juga akan diikuti oleh petir, angin kencang serta gelombang tinggi. Kondisi ini diperkirakan akan terjadi pada tanggal 8-14 Februari 2022.

Sebagaimana dijelaskan dalam keterangan tertulis Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan mendatang di sebagian besar wilayah Indonesia.

Baca Juga: Upaya Doddy Sudrajat Pindahkan Makam Vanessa Angel Gagal Maning, Haji Faisal: Saya Jadi Ketawa Sendiri

"Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer, seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) dan fenomena gelombang atmosfer, yaitu gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial," ujar dia.

Menurut Guswanto saat ini terdapat Bibit Siklon Tropis 93S yang terbentuk di sekitar Samudra Hindia sebelah barat daya Banten atau tepatnya di 13.8°LS 105.5°BT, dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 30 knot (56 km/jam).

Menurut Guswanto, Bibit Siklon 93S ini berpotensi menjadi Siklon Tropis jika kecepatannya anginnya maksimum di sekitar sistemnya mencapai minimal 35 knot (65 km/jam).

Baca Juga: Warganet Komentari Edaran Pemko Padang Terkait Siswa SD yang Tak Boleh Sekolah Sebelum Vaksin

Lebih lanjut menurut Guswanto, keberadaan Bibit Siklon Tropis 93S tersebut dapat membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di wilayah Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X