Biar Jadi Unicorn, Startup Lokal RI bakal Disuntik Rp 4,2 Triliun

Heldi Satria
- Rabu, 9 Februari 2022 | 15:29 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi


HARIANHALUAN.COM - Pemerintah mempersiapkan senjata melawan dominasi modal asing pada startup di Indonesia. Perusahaan rintisan yang mau memiliki gelar unicorn bakal didanai langsung dari sumber dalam negeri.

Senjata itu adalah Merah Putih Fund, lembaga pendanaan gabungan BUMN yang bakal menyuntik dana untuk perusahaan startup soonicorn alias yang menuju unicorn.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan dana sebesar US$ 300 juta atau mencapai Rp 4,29 triliun akan disiapkan oleh Merah Putih Fund untuk mendanai startup lokal jadi unicorn.

"Dana ini akan diluncurkan, jumlahnya mencapai sekitar US$ 300 juta," ungkap pria yang akrab disapa Tiko dalam acara Mandiri Investment Forum 2022, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga: Ketua DPRD Dharmasraya Hadiri Launching Vaksinasi Covid-19 Lanjutan

Dia bilang Merah Putih Fund akan tetap membuat para perusahaan startup mengurangi pendanaan dari modal asing dan tetap berada di Indonesia. Merah Putih Fund juga bakal mengawal unicorn di Indonesia untuk melantai di bursa efek.

"Kami akan luncurkan Merah Putih Fund, lembaga ini akan ditujukan untuk soonicorn atau startup yang bergerak jadi unicorn. Mereka akan tetap berada di Indonesia dan kami juga akan dukung mereka jadi listed di Bursa Efek Indonesia," papar Tiko.

Merah Putih Fund diharapkan mampu menambah jumlah startup unicorn, bahkan decacorn di Indonesia. "Dengan kolaborasi ini kami perkuat dan pastikan perusahaan startup memiliki dana domestik dan membangun lebih banyak startup unicorn dan decacorn," ujarnya.

Dalam paparannya, target peluncuran Merah Putih Fund bakal dilakukan pada kuartal II 2022 ini. Merah Putih Fund akan dikelola BUMN dan lini usahanya, mulai dari Mandiri Capital, MDI Ventures, BRI Ventures, Telkom Mitra Inovasi (TMI), dan BNI.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: detik.com

Tags

Terkini

Airlangga Tegaskan KIB Belum Bahas Capres 2024

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:34 WIB

Airlangga: KIB Dibentuk untuk Pemilu Presiden

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:29 WIB
X