Awas Ancaman Pinjol, Jangan Sampai Berikan Akses kontak HP Anda!

- Jumat, 11 Februari 2022 | 19:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HARIANHALUAN.COM - Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L Tobing mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak memberikan akses pada kontak HP saat meminjam uang pada platform pinjaman online (Pinjol). Dia mengingatkan Pinjol yang telah berizin dan terdaftar di OJK, dilarang untuk mengakses kontak di ponsel.

Pasalnya, yang hadir di tengah masyarakat bukan cuma Pinjol legal, melainkan ada juga yang ilegal yang bisa merugikan.

"Kekuatan pinjol ilegal di kontak HP jadi saat penagihan menyebarkan teror intimidasi kepada seluruh kontak, dengan gambar tidak senonoh. Di sana semua kena teror, tidak jarang contohnya masuk penagihan si A menipu kami, dan anda disebut penjamin padahal dikenal," kata Tongam, dalam Webinar Pinjaman Online Legal atau Ilegal: Kebutuhan Masyarakat dan Penegakan Hukum, Jumat (11/2/2022).

Baca Juga: TK dari Tanah Datar Puji Pelayanan di Perpustakaan Daerah Padang Panjang

Dia meminta masyarakat tidak memberikan akses kontak atau data di HP. Pasalnya, untuk pinjol legal yang bisa diakses hanya tiga, yakni kamera, lokasi, dan suara.

"Yang legal tidak akan diperbolehkan mengakses kontak HP. eror intimidasi harian ini sangat membahayakan dan keji. Harus berantas dengan tuntas," tegasnya.

OJK juga mencatat ada 19.711 aduan tentang pinjaman online, khususnya pinjaman online ilegal, dalam kurun 2019-2021. Adapun 9.270 kasus di antaranya adalah kasus aduan berat.

Praktik produk keuangan yang tidak spesifik diatur dalam undang-undang ini juga makin memperparah aduan kasus tersebut. Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Kombes Helfi Assegaf mengatakan telah melakukan upaya dengan strategi preventif maupun represif, dan telah memiliki satgas.

Baca Juga: Ini Ancaman 'Ngeri' Jika Tak Bayar Pinjol

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X