Intip Isi 'Harta Karun' Tersembunyi di Desa Wadas

- Sabtu, 12 Februari 2022 | 20:59 WIB
Intip Isi 'Harta Karun' Tersembunyi di Desa Wadas
Intip Isi 'Harta Karun' Tersembunyi di Desa Wadas

 

HARIANHALUAN.COM - 'Kabar sengketa antara warga di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah dengan pemerintah daerah setempat dan juga ikut turut tangannya aparat TNI serta kepolisian menjadi viral di media sosial.

Hal itu ditengarai oleh pengukuran hutan terkait rencana penambangan 'harta karun' berupa batu andesit untuk proyek Bendungan Bener. Namun karena alasan lingkungan, penambangan batu andesit itu ditolak oleh sejumlah warga Desa Wadas tersebut.

Lalu seperti apa 'harta karun' batu andesit tersebut? Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan bahwa andesit adalah suatu jenis batuan vulkanik ekstrusif berkomposisi menengah, dengan tekstur afanitik hingga porfiritik.

Batuan andesit sangat berguna untuk bangunan-bangunan megalitik dan bersejarah. Adapun batuan andesit umumnya ditemukan pada lingkungan subduksi tektonik di wilayah perbatasan lautan seperti di pantai barat Amerika Selatan (AS) atau daerah-daerah dengan aktivitas vulkanik yang tinggi seperti Indonesia.

Baca Juga: Sultan Sarankan Masyarakat Kurangi Konsumsi Minyak Goreng Sawit

Peneliti Geologi di Pusat Riset Oseanografi - BRIN, Yunia Witasari mengatakan, andesit di Purworejo merupakan batuan vulkanik yang bukan merupakan hasil erupsi gunung berapi. Andesit di Purworejo termasuk dalam batuan vulkanik. Magma yang keluar ke permukaan bumi bukan karena erupsi ekplosif tapi meleleh perlahan keluar melalui rekahan atau sesar di batuan.

"Jenis batu andesit dari erupsi vulkanik lebih banyak digunakan sebagai bahan bangunan," dikutip dari CNBC Indonesia.

Baca Juga: Politikus PSI Curiga PNS DKI Bakal Dipaksa Beli Tiket Formula E

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Airlangga Tegaskan KIB Belum Bahas Capres 2024

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:34 WIB

Airlangga: KIB Dibentuk untuk Pemilu Presiden

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:29 WIB
X