Pilpres 2024 Masih Lama, Parpol Mulai Berani Munculkan Jagoannya

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 13:53 WIB

HARIANHALUAN.COM - Sejumlah partai politik (parpol) sudah memulai memunculkan nama-nama yang akan diusung pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Sebagian parpol sudah berani memunculkan sosok yang dinilai berpeluang diusung sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Partai Golkar misalnya mendorong ketua umumnya Airlangga Hartarto untuk maju ke Pilpres mendatang. Partai Gerindra juga sudah mendorong Prabowo Subianto untuk kesekian kalinya maju Pilpres 2024.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendorong ketua umumnya, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin atau Gus Ami). Kemudian, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sempat menyedot perhatian karena isu persaingan antara Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Selain itu, Partai Amanat Nasional (PAN) yang menginginkan Ketua Dewan Kehormatannya, Soetrisno Bachir menjadi bakal calon presiden. Selain itu, Partai Demokrat dengan ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menanggapi kondisi tersebut, Pengamat Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam berpendapat setiap parpol tentu menginginkan mengusung kadernya sendiri dalam setiap kontestasi, termasuk dalam pilpres.

"Karena itu hampir semua parpol memunculkan kadernya untuk diajukan dalam Pilpres, misalnya Golkar menyorong Airlangga, PKB mempromosikan Muhaimin Iskandar, Gerindra mendukung Prabowo, Demokrat mengusung AHY," kata Arif Nurul.

Menurut Arif, selain mencoba peruntungan politik, strategi itu juga dalam rangka mendongkrak perolehan suara partai, dengan catatan jika tokoh yang diusung memiliki nilai jual di masyarakat. Kendati demikian, kata dia, pada titik akhirnya parpol kemudian juga realistis berdasarkan kalkukasi politik.

"Jelang pilpres tentu nanti akan mengerucut hanya ke sejumlah tokoh yang kemudian benar-benar maju dalam pilpres," tutur Arif.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Terpopuler

X