Dokter RSUP M Djamil Padang Ungkap Fakta Terkait Pasien yang Alami Kulit Melepuh Diduga Akibat Vaksin Covid-19

- Selasa, 22 Februari 2022 | 18:18 WIB
Dokter RSUP M Djamil Padang Ungkap Fakta Terkait Pasien yang Alami Kulit Melepuh Diduga Akibat Vaksin Covid-19
Dokter RSUP M Djamil Padang Ungkap Fakta Terkait Pasien yang Alami Kulit Melepuh Diduga Akibat Vaksin Covid-19

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Febri Yulianti (29), warga Jorong Subarang Tabek, Nagari Situjuah Banda Dalam, Kecamatan Situjuah Limo Nagari yang
dirawat di ruang Embun Pagi RSUP M Djamil Padang, diduga mengalami kulit melepuh di sekujur tubuh usai vaksin Covid-19 ternyata mempunyai penyakit psoriasis.

Hal itu disampaikan Dokter Penanggungjawab Pasien (DPJB) Febri Yulianti yang sekaligus Ketua Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Sumbar, dr. Raveinal SpPD-KAI saat jumpa pers di RSUP M Djamil Padang, Selasa (22/2/2022).

Dr. Raveinal menyebutkan, beberapa waktu yang lalu pihaknya melakukan rapat untuk mengumpulkan data riwayat pasien baik sebelum maupun sesudah dilakukan vaksinansi.

Baca Juga: Kulit Melepuh Pasca Vaksin Covid-19, Berikut Penjelasan Peneliti Tentang Pemfigoid Bulosa

"Kita sudah melakukan rapat bersama pakar-pakar kesehatan dan spesialis kulit, melihat perjalanan pasien mulai dari pasien ini tiba di Faskes I, mendaftar untuk vaksinansi, proses screening, divaksin, dan setelah dilakukan observasi, sampai mengalami radang pada kulitnya tersebut," sebutnya.

Hal hasil secara umum, pasien atas nama Febri Yulianti diketahui menderita penyakit yang disebut psoriasis yang merupakan kondisi ketika sel-sel kulit menumpuk dan menghasilkan bercak bersisik yang gatal dan kering.

"Jadi si pasien kita ini diketahui, sudah ada penyakit psoriasis yang dideritanya selama bertahun-tahun, pada saat ia di vaksin kondisi pasien dalam kondisi tenang atau tanpa gejala. Sesuai dengan panduan pemberian vaksin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), orang yang memiliki penyakit auto imun bisa divaksin dalam kondisi tenang," ujarnya.

Baca Juga: Rawat Pasien Alami Kulit Melepuh Usai Vaksin Covid-19, Ini Analisa Sementara RSUP M Djamil

Namun untuk penyakit psoriasis ini, dr.Raveinal menyebutkan belum bisa memastikan apakah penyakit psoriasis bisa kambuh setelah divaksin apa tidak. Kerena kita butuh proses pemeriksaan lebih lanjut dengan alat canggih.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X