Ternyata Ini Alasan Lokasi Alfamart dan Indomaret Selalu Berdekatan

- Rabu, 23 Februari 2022 | 14:35 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HARIANHALUAN.COM - Pernahkah Anda menyadari bahwa setiap ingin berkunjung ke gerai Indomaret, biasanya Anda akan melihat gerai Alfamart yang berada di samping atau berdekatan?

Ternyata, kedua minimarket ini, Indomaret dan Alfamart sudah seperti pesaing abadi. Sebagai informasi awal, Indomaret lebih awal berdiri sebelum muncul Alfamart. Indomaret hadir sejak 1988, sedangkan Alfamart baru berdiri di tahun 1999.
Ada beberapa alasan mengapa keduanya selalu berada di lokasi yang berdekatan. Agar tidak penasaran, mari bahas lengkap alasan kenapa lokasi Indomaret selalu berdekatan dengan Alfamart.

Baca Juga: Interkoneksi Sumatera-Bangka Segera Terwujud, PLN Perkuat Pasokan Listrik Bangka

Alasan Gerai Indomaret & Alfamart Selalu Berdekatan
Agar lebih jelas, berikut beberapa alasan yang mendasari gerai Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan. Silahkan simak ulasan di bawah ini.

1. Menarik Pasar yang Lebih Luas
Alasan utama di balik 'fenomena' ini adalah strategi marketing. Kedua gerai tentu bertujuan agar mereka mendapatkan pasar yang lebih luas dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Jadi, mereka akan memilih lokasi dengan konsep teori lokasi industri, yakni Hotelling Theory.
Hotelling Theory adalah teori yang menjelaskan dua persamaan jenis kegiatan ekonomi yang saling berdekatan dengan tujuan untuk menguasai pasar seluas-luasnya. Teori tersebut akan berfokus pada pemilihan lokasi. Presentasi keuntungannya sudah pasti 50:50 yang selanjutnya akan diserahkan kepada selera konsumen.

Baca Juga: Angkatan 1970-1980 MTsM Kauman Padang Panjang Gelar Temu Alumni

2. Mengusung Keunggulan yang Berbeda
Di mata konsumen, Indomaret dan Alfamart mungkin terlihat seperti saudara kandung yang memiliki banyak persamaan. Namun, keduanya mengakui bahwa mereka memiliki keunggulannya masing-masing. Ada yang mengusung keunggulan dari segi harga lebih murah, kapasitas toko lebih luas, pelayanan lebih ramah atau kenyamanan suasana.

3. Membangun Persepsi Konsumen
Ketika konsumen datang ke salah satu minimarket, maka para karyawan akan bertugas untuk membangun persepsi positif kepada pelanggan agar datang kembali ke gerai mereka. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, masing-masing gerai Indomaret atau Alfamart akan menunjukkan keunggulannya tersendiri untuk memikat hati pelanggan.

4. Hemat Budget Riset
Alasan Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan juga tidak lain tidak bukan untuk menghemat budgetriset. Jika salah satu gerai dibangun di lokasi tertentu, maka bisa dipastikan potensi pasarnya sudah bagus dan lolos uji kelayakan bisnis. Ini memang menjadi salah satu rumus membangun gerai baru di kalangan usaha waralaba atau ritel minimarket.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Airlangga Tegaskan KIB Belum Bahas Capres 2024

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:34 WIB

Airlangga: KIB Dibentuk untuk Pemilu Presiden

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:29 WIB
X