Krisis Iklim Mengancam Kehidupan, Anak Muda Desak BNI Stop Danai Batu Bara

- Senin, 28 Februari 2022 | 22:09 WIB
Komunitas anak muda menggelar aksi Fossil Free BNI.
Komunitas anak muda menggelar aksi Fossil Free BNI.

HARIANHALUAN.COM - Krisis iklim semangkin mengancam kehidupan di bumi.Sejumlah komunitas anak muda mendesak PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan tiga bank nasional lainnya segera menyetop pendanaan pada bisnis terkait batu bara.

Berdasarkan laporan terbaru Panel Lintas Pemerintah untuk Perubahan Iklim atau IPCC, bahwa beberapa ekosistem telah mendekati titik kritis akibat dampak dari krisis iklim. “Krisis iklim telah membahayakan kehidupan bumi dan seluruh penghuninya,” ungkap Jeri Asmoro, Indonesia Digital Campaigner 350.Org.

Terkait dengan itulah beberapa komunitas anak muda yang terdiri dari Fossil Free (FF) Jogjakarta, UI, Climate Rangers (CR) Jakarta, BEM UI, BEM FIA UI, dan Jeda Untuk Iklim menggelar aksi Fossil Free BNI pada Minggu, (27/2/2022) .

Baca Juga: Dihantui Jalan Buntu, Rusia dan Ukraina Memulai Perundingan di Gomel

Aksi dilakukan di sekitar gedung BNI Jakarta. BNI menjadi sasaran aksi, karena dinilai menjadi salah satu bank papan atas Indonesia yang masih mendanai batu bara, penyebab krisis iklim.

"BNI harus segera menghantikan pendanaan ke industri energi fosil," ujar Ginanjar Aryasuta, aktivis Climate Rangers (CR) Jakarta.

Menurut Ginanjar, bencana ekologi akibat krisis iklim sudah di depan mata.

"Jangan sampai BNI yang memiliki nasabah sebagian besar anak muda malah menghancurkan masa depan nasabahnya sendiri melalui industri energi fosil. BNI, we are watching you! Stop funding climate crisis!" tegasnya.

Baca Juga: Ribuan Doa Iringi Pemakaman Mantan Walikota Pekanbaru di TMP Kusuma Dharma

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X