Tak Perlu Heboh dan Panik, Di Indonesia Tak Ada Deltacron

- Rabu, 16 Maret 2022 | 06:10 WIB
Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19

HARIANHALUAN.COM - Hingga saat ini tidak ada muncul di Indonesia  varian baru Deltacron, Covid-19. Oleh karena itu tidak perlu pula dibesar-besarkan, dan masyarakat jangan panik.

Sebabnya, berdasarkan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) yang tiap saat dilakukan, tidak ada terdeteksi varian Deltacron di Indonesia hingga hari ini.

 dr. Siti Nadia Tarmizi,M.Epid, Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), menegaskan hal itu pada Selasa (15/3/2022).

Baca Juga: Geger! Ilmuwan Temukan Varian Baru Corona Deltacron, Kombinasi Delta dan Omicron

Siti Nadia Tarmizi mengonfirmasi bahwa varian Deltacron belum terdeteksi di Indonesia.

"Sampai saat ini varian Deltacron belum ada terdeteksi di Indonesia," jelasnya.

Namun dr Nadia terus minta warga senantiasa menerapkan Prokes secara disiplin. Ini kunci utama untuk mencegah kemungkinan jenis varian apapun dari Covid-19.

Sebelumnya, Organissai Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan munculnya covid-19 varian baru bernama deltacron. Varian baru tersebut terdeteksi di beberapa negara Eropa yakni Prancis, Belanda, dan Denmark.

Deltacron  diduga merupakan kombinasi dari varian delta dan omicron.  Sebagai varian rekombinan, deltacron memiliki sifat-sifat dari dua varian SARS-CoV-2 yang berbeda.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Airlangga Tegaskan KIB Belum Bahas Capres 2024

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:34 WIB

Airlangga: KIB Dibentuk untuk Pemilu Presiden

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:29 WIB
X