Yuk Bisa Yuk! PLN Sulap Limbah Batu Bara Jadi Pujasera

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 19:15 WIB
Yuk Bisa Yuk! PLN Sulap Limbah Batu Bara Jadi Pujasera
Yuk Bisa Yuk! PLN Sulap Limbah Batu Bara Jadi Pujasera

 

 

BANJAR BARU, HARIANHALUAN.COM - PT PLN (Persero) terus meningkatkan pemanfaatan limbah batu bara atau Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) sebagai bahan pendukung bangunan. Kali ini, FABA digunakan untuk membangun pusat jajanan serba ada bertemakan “ECO FABA Park” di sekitar lokasi PLTU Asam-asam.

General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Kalimantan Daniel Eliawardhana, menyatakan pembangunan ECO FABA Park memanfaatkan 325 ton FABA yang digunakan sebagai material stabilisasi tanah dan paving block.

FABA yang digunakan untuk pembangunan ECO FABA Park berasal dari limbah sisa pembakaran batu bara PLTU Asam-asam yang kemudian diolah oleh UMKM setempat menjadi paving block,” ujar Daniel.

Baca Juga: Pelaku Pencurian di 8 Titik Diamankan Polsek Bukittinggi

Daniel menjelaskan, pembangunan ECO FABA Park yang terletak di Jorong, Kabupaten Tanah Laut, memanfaatkan aset milik PLN Unit Pelaksana Pembangkitan Asam-asam yang digunakan sebagai areal kegiatan masyarakat dengan tenant-tenant binaan PLN melalui program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) PLN Peduli dan Yayasan Baitul Maal (YBM). Saat ini, terdapat 12 tenant UMKM yang memanfaatkan lokasi ECO FABA Park.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, FABA saat ini telah dikategorikan sebagai limbah non Bahan Berbahaya Beracun (B3) terdaftar. Melihat hal tersebut, PLN hadir dengan program TJSL yang melibatkan UMKM, BUMDes untuk membuat batako dan paving block dari FABA.

"Hasil olahannya digunakan untuk pembangunan sarana umum serta proyek infrastruktur lainnya,” tambah Daniel.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

X