Menteri LHK: Amerika Serikat Dukung Indonesia FOLU NET SINK 2030

- Minggu, 20 Maret 2022 | 14:02 WIB
Menteri Siti Nurbaya.
Menteri Siti Nurbaya.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyambut baik dukungan Amerika Serikat (AS) dalam upaya Indonesia mengimplementasikan Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030. 

Hal itu disampaikan Menteri Siti dari hasil pertemuannya dengan tim Delegasi Utusan Khusus Presiden Amerika Serikat untuk Iklim (The US Special Presidential Envoy for Climate, SPEC) John Kerry yang dipimpin oleh Penasehat Senior Robert O. Blake Jr, pekan ini.

“Di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo, Indonesia secara konsisten telah berhasil mengurangi deforestasi secara signifikan. Penurunan deforestasi secara simultan ini, mencerminkan upaya serius Indonesia dalam mewujudkan Forestry and Other Land Use (FOLU) NET SINK 2030,” kata Siti dalam rilisnya diterima media ini, Minggu (20/3/2022). 

Baca Juga: Lelet, Koneksi Internet di Mandalika Dikeluhkan Penonton Tak Bisa Unggah Momen Balap MotoGP

Pada awal pertemuan, Penasehat Senior Robert O. Blake Jr., mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia mengucapkan selamat kepada Menteri Siti atas peluncuran Rencana Operasional FOLU NET SINK 2030.

Jeffery P. Cohen, Direktur USAID Indonesia, menyampaikan bahwa USAID akan memprioritaskan dukungannya untuk mewujudkan rencana operasional FOLU NET SINK 2030.

Pada kesempatan itu, Siti mencontohkan upaya penanggulangan kebakaran hutan di Indonesia dengan menerapkan solusi permanen yang berkelanjutan (monitoring hotspots, teknologi modifikasi cuaca serta penyadartahuan sistem paralegal, yang sudah dilakukan sejak dua tahun lalu). Demikian pula dengan upaya restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove sebagai bagian dari aksi FOLU NET SINK 2030.

Baca Juga: Rusia Serang Pangkalan Laut! 40 Tentara Ukraina Tewas dan China Tegaskan Sikap Jaga Perdamaian 

Blake menyatakan penghargaan atas upaya Indonesia dalam merehabilitasi hutan mangrove. Jutaan hektar hutan mangrove di Indonesia merupakan salah satu kekuatan Indonesia dalam memerangi krisis perubahan iklim.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X