Jamiluddin Ritonga: Anies-AHY Layak Diusung Nasdem dan Demokrat pada Pilpres 2024

- Selasa, 29 Maret 2022 | 15:48 WIB
Jamiluddin Ritonga
Jamiluddin Ritonga

HARIANHALUAN.COM - Pengamat komunikasi politik M Jamiluddin Ritongan menilai Nasdem dan Demokrat layak mengusung Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2022.

Demikian dikatakan Jamiluddin Ritonga menanggapi pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat AHY dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di kantor Nasdem, Selasa (29/3/2022.

Jamil memperkirakan pertemuan tersebut membahas kemungkinan koalisi pada Pilpres 2024. Setidaknya sudah mengarah pada upaya koalisi.

"Peluang ke arah itu sangat besar mengingat dua partai ini sama-sama mengusung nasionalis. Karena itu, peluang titik temu untuk koalisi pada Pilpres 2024 lebih terbuka," kata Jamil kepada media ini.

Baca Juga: Truk Bermuatan Semen Dihantam Kereta Api di Kayu Kalek Padang, Tak Ada Korban Jiwa

Selain itu, capres dan cawapres yang akan diusung juga sudah akan lebih benderang. Nasdem dan Demokrat tampaknya tak masalah untuk mengusung Anies menjadi capres.

"Kedua partai ini tampaknya sudah melihat potensi Anies yang besar untuk maju pada pilpres mendatang. Keduanya tinggal menyepakati siapa pedamping Anies sebagai cawapres. Salah satunya tentu AHY sangat pantas mendampingi Anies," kata Jamil.

Jamil beralasan melihat dari beberapa survei. Pasangan Anies-AHY memang sangat kompetitif. Karena itu, pasangan Anies-AHY layak diusung Nasdem dan Partai Demokrat.

Bahkan menurut Jamil, peluang pasangan ini akan terwujud sangat besar bila Jusuf Kalla dilibatkan.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X