Gawat! Erick Thohir Perkirakan Indonesia Akan Alami Guncangan Rantai Pasok

- Rabu, 30 Maret 2022 | 19:57 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir
Menteri BUMN, Erick Thohir

HARIANHALUAN - Menteri BUMN Erick Thohir memperkirakan Indonesia akan alami guncangan Rantai Pasok. Bahkan ia mengingatkan, tak semua negara bisa berdiri di atas kaki sendiri.

Dalam ekosistem ekonomi global saat ini, suatu negara membutuhkan suplai komoditas dari negara lain. Dasarnya, siklus ini terus berputar karena tidak semua sumber daya alam (SDA) dimiliki negara manapun.

Pandemi COVID-19 begitu terasa bagi semua negara di dunia. Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris, sangat membutuhkan pupuk, sayangnya untuk bahan bakunya begitu sulit didapatkan.

Baca juga: Susi Pudjiastuti Asyik Merokok di Sirkuit Mandalika, Erick Thohir Bagikan Momen Kocak Bersama

"Karena tidak mungkin semua negara bisa berdiri sendiri. Karena ada bahan-bahan yang tidak dimiliki suatu negara. Seperti pupuk, kita tidak punya prostat yang merupakan bahan baku pupuk," ujar Erick Thohir seperti dikutip Harian Haluan dalam kuliah umum di Universitas Hasanudin Makassar bertajuk Milenial dan Digital Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Rabu (30/3/2022).

Menteri Erick memperkirakan Indonesia akan mengalami guncangan rantai pasok (supply chain) sumber daya alam pada 2030. Pada periode itu, SDA atau komoditas diperkirakan mengalami peningkatan permintaan yang sangat signifikan.

Erick memperkirakan kondisi tersebut membuat keseimbangan atau ekuilibrium sumber daya alam atau komoditas di dalam negeri pun semakin meningkat tajam.

"Gonjang ganjing supply chain, itu terjadi salah satunya karena Covid juga, sehingga ekuilibrium SDA atau komoditas akan terus meningkat hingga 2030. Angka komoditas itu akan seperti ini (naik) dan di 2030 akan seperti ini (naik) dan tidak turun lagi. Artinya apa, memang akan terjadi goncangan dari pada supply chain," tutur Erick.

Baca juga: Di SDP Bali, Founder HIPMI Nilai Erick Thohir Layak Maju Sebagai Capres Tahun 2024

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X